Sabtu, 15 Juni 2013

Trik Mengajarkan Anak Biasa Mengucapkan Terima Kasih

Anak berterima kasih.

Sejak lahir seorang anak punya kepribadian, namun belum memiliki karakter. Agar mental tumbuh dengan baik, orangtua harus membantu pembentukan karakter anak sedini mungkin. Contoh paling dasar adalah, mengajarkan anak untuk terbiasa mengucapkan kata terima kasih.

Selain untuk pembangunan pendidikan, kata-kata tersebut jadi salah satu bentuk emosi dasar sebagai wujud rasa syukur. Ada tiga cara, agar orangtua mudah mengajarkan hal ini pada anak, seperti dilansir dalam Times of India:

Tips mengajarkan Anak mengucapkan terima kasih, mulailah dengan cara yang sederhana, seperti memberi contoh yang baik. Memberi contoh ketika Anda ingin mengajarkan anak untuk lakukan tindakan sopan melalui perkataan, jangan lupa untuk berikan contoh terlebih dahulu. Mulailah dari cara yang sederhana, misal dengan meminta pertolongan untuk ambilkan sesuatu dan katakan terima kasih. Atau hal lain yang dapat membuat dirinya merasa lebih dihargai.

Umumnya seorang anak menyukai saat diberikan hadiah. Ketika Anda berikan imbalan, ia cenderung akan terus mengulangi hal yang sama, ucapkan terima kasih. Namun patut digarisbawahi, imbalan yang diberikan janganlah berlebihan. Anda dapat memberikan imbalan berupa pujian, perhatian, dan motivasi.


Setiap orangtua memang punya cara sendiri dalam mendidik anak. Namun mengucap syukur tiap hari sudah jadi bagian hidup setiap keluarga. Oleh karena itu, ajarkan anak untuk mensyukuri apa yang dimiliki.

Bagaimana menurut pendapat Anda? Senang sekali jikalau Anda mau berbagi pendapat dengan Saya disini...
Posting Komentar