Selasa, 04 Juni 2013

Tomat Dapat Mengatasi Kolesterol dan Penyakit Jantung

Buah Tomat.

Khasiat tomat yang dikenal dengan kandungan vitamin C menjadikan buah ini banyak dicari untuk manfaat kesehatan. Menurut ilmu kedokteran, likopen dalam tomat juga terbukti melindungi gen dari kerusakan, selain itu asam amino-nya juga membantu pembakaran lemak tubuh.

Konsumsi tomat segar ataupun olahan juga dapat menurunkan kolesterol dan mencegah penyumbatan pada pembuluh darah. Anda bisa mengonsumsinya secara langsung, atau mengolahnya dengan berbagai cara.

Dikutip dari Shine, tomat juga dapat mengurangi resiko jantung. Untuk kepentingan ini para ahli kemudian mengembangkan kapsul berbahan tomat sebagai obat yang meningkatkan aliran darah dan menjaga kesehatan arteri.


Sebuah studi di Cambridge University menemukan bahwa kapsul ini meningkatkan fleksibilitas pembuluh darah hinga 50 persen. Para ilmuwan percaya jika cara ini mampu menekan kerusakan tubuh yang disebabkan karena penyakit jantung. Mereka juga berharap kapsul ini juga bermanfaat bagi pasien arthritis, diabetes, dan bahkan memperlambat penyebaran sel kanker.

Seperti dilansir Daily Mail, temuan formula ini juga mengacu pada pola diet mediterania yang kaya akan tomat, ikan, sayuran, kacang-kacangan, dan minyak zaitun, yang terbukti dapat mengurangi kolesterol dan mencegah penyakit kardiovaskuler.


Temuan ini pun sudah diujicobakan selama dua bulan kepada 36 pasien jantung yang berusia rata-rata 67 tahun dengan hasil kesehatan jantung yang signifikan. Ian Wilkinson, peneliti dari Cambridge University, mengatakan: "Hasil ini sangat signifikan, tapi kita perlu uji lebih detail untuk melihat apakah kapsul tomat ini dapat memangkas stroke yang diakibatkan oleh serangan jantung."
Posting Komentar