Jumat, 28 Juni 2013

Bagaimana Bisa Olahraga Bikin Orang Lebih Pintar?

Orang sedang berolah raga.

Rajin berolahraga ternyata tidak hanya baik bagi kesehatan dan membuat tubuh Anda tampak proporsional. Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh University of Texas di Amerika Serikat mengatakan bahwa berolahraga selama 30 menit setiap hari dapat membuat Anda lebih pintar lho..


Seperti dilansir laman Idiva, penelitian dilakukan kepada lebih dari 1.100 mahasiswa untuk melihat peningkatan nilai mereka. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa siswa yang mendapatkan nilai "A" melakukan olahraga paling sedikit 30 menit selama 3,52 kali dalam sepekan.

Sementara itu, siswa dengan nilai C, D, atau F hanya berolahraga sekitar 2,81 kali sepekan.

Menurut ahli kebugaran Althea Shah, ada lima cara bagaimana olahraga bisa membuat Anda lebih pintar. Apa saja?

- Meningkatkan energi

Banyak yang berpikir bahwa terlalu banyak bergerak maka semakin banyak energi yang digunakan. Tetapi, olahraga yang dilakukan secara rutin dapat meningkatkan kekuatan otot dan daya tahan tubuh, sehingga memberikan energi untuk Anda berpikir lebih jernih serta muncul dengan ide-ide baru. Berolahraga selama 15 menit bisa membuat tubuh Anda menghasilkan lebih banyak energi untuk sel-sel otak.

- Mempertajam fokus

Dr. John Ratey mengatakan, olahraga dapat meningkatkan kinerja otak dalam jangka pendek dengan meningkatkan fokus selama dua hingga tiga jam sesudahnya. Cobalah olahraga satu jam sebelum melakukan presentasi di tempat kerja atau pidato. Dengan melakukan hal tersebut, diyakini Anda dapat lebih fokus dan melakukannya dengan baik. Dalam jangka panjang, hal tersebut dapat membantu Anda melawan penuaan otak atau alzheimer.

- Meningkatkan suasana hati

Olahraga dikenal dapat memicu endorfin, yang membantu meningkatkan fungsi otak. Setelah berolahraga, kemampuan memilah prioritas dapat meningkat dan memungkinkan Anda untuk menghalau gangguan dalam hidup. Selain itu, Anda lebih berkonsentrasi pada berbagai tugas.

- Meningkatkan memori

Otak akan bekerja lebih ketika tubuh lebih aktif. Dalam percobaan yang diterbitkan dalam sebuah jurnal, siswa diminta untuk menghafal serangkaian huruf. Kemudian, sebagian dari mereka diminta untuk berjalan, mengangkat beban atau olahraga lainnya. Hasilnya, siswa yang melakukan aktivitas olahraga menjawab lebih akurat dibanding mereka yang hanya diam setelah menghafal.

- Meningkatkan produktivitas


Pegawai yang berolahraga pada tengah hari antara jam kerja, cenderung memberikan kontribusi lebih dibandingkan lainnya. Selain itu, mereka lebih produktif di tempat kerja.
Posting Komentar