Kamis, 20 Juni 2013

Pentingnya Memenuhi Kebutuhan Asam Folat pada Ibu Hamil

Orang sedang hamil.


Selain membutuhkan yodium dan selenium untuk perkembangan otak pada bayi serta sistem kekebalan tubuh selama pada masa kehamilan, ibu hamil juga harus memenuhi kebutuhan magnesium 270 milligram (mg) dan 600 microgram (mcg) asam folat.

Selama kehamilan magnesium membantu membangun dan memperbaiki jaringan tubuh. Sedangkan asam folat sangat penting dalam membantu mencegah timbulnya kecacatan tabung saraf pada bayi, seperti spina bifida, seperti dikutip dari situs Express.

Pasalnya, kekurangan magnesium dapat menyebabkan pertumbuhan janin yang buruk dan pre-eklampsia atau timbulnya hipertensi dalam kehamilan.

Untuk memenuhi kebutuhan akan magnesium bisa didapatkan dari kacang brazil sebanyak 25 gram dimana berisi sekira 100 mg yang membantu memenuhi persyaratan untuk peningkatan pemberian ASI. Sedangkan cara lain yang bisa dilakukan ialah melakukan variasi pada makanan sehingga dapat memenuhi kebutuhan asam folat.


Variasi makanan untuk memenuhi kebutuhan asam folat dapat meliputi, sayuran berdaun hijau, sereal, telur, kentang, dan roti gandum yang juga mencakup kebutuhan wanita belum hamil dengan 200 mcg per hari. Di luar itu, khususnya ketika memasuki tiga bulan pertama masa kehamilan dimana ibu hamil perlu 400 mcg suplemen asam folat tambahan.
Posting Komentar