Senin, 10 Juni 2013

Sering Maag Ternyata Dapat Memicu Kanker Tenggorokan

Orang sedang sakit perut.

 Anda apa termasuk dalam penderita maag yang sering kambuh? Kini hal tersebut tak bisa dianggap sepele. Pasalnya bila terus dibiarkan, kondisi itu akan membawa Anda pada risiko kanker tenggorokan.


Hal itu seperti hasil penelitian terbaru Scott M. Langevin, Ph.D dari Brown University. Ia menjelaskan bahwa seseorang yang sering mengalami maag menunjukan 78 persen peningkatan risiko kanker tenggorokan atau pita suara. Di mana kanker tenggorokan ini bisa terjadi, dipicu asam lambung naik ke kerongkongan dan tenggerokan, hingga asam tersebut merusak jaringan dan DNA seseorang.

Umumnya, hal ini akan rentan terjadi bila penderita maag mengonsumsi makanan sebelum tidur. Alasannya ketika Anda makan dan tak lama kemudian pergi tidur, makanan yang masuk tak turun ke bawah karena tubuh dalam posisi telentang. Sehingga asam lambung bisa naik ke atas kerongkongan dan tenggorokan dan merusak jaringan saraf yang merupakan dasar dari kesehatan tenggorokan seseorang. Berbeda bila Anda mengonsumsi enam jam sebelum tidur, gravitasi membantu menurunkan makanan, pun saat seseorang menelan air liurnya membantu sebagai antasida yang membersihkan kerongkongan. Maka secara otomatis kemungkinan risiko kanker itu bisa dihindari.


Sementara, bila Anda sering mengalami maag Anda tak perlu cemas menghadapinya. Sebab risiko kanker tenggerokon itu bisa Anda pangkas sebanyak 41 persen, bila Anda mengonsumsi obat antasida. Demikian seperti dilansir Mens Health.
Posting Komentar