Rabu, 05 Juni 2013

Labu Kuning, Dapat Mencegah Diabetes

Buah Labu Kuning.

Jika selama ini labu kuning tidak dianjurkan bagi penderita diabetes, nyatanya tidak demikian menurut ilmu kedokteran. Buah berasa manis ini justru dirujuk sebagai bahan alami untuk mengatasi tingginya kadar gula dalam tubuh.


Indeks glikemik pada labu tergolong lebih rendah jika dibandingkan dengan makanan sumber karbohidrat penghasil pati seperti kentang dan nasi. Dilansir Boldsky, labu bekerja memaksimalkan pankreas dalam menghasilkan insulin untuk menurunkan kadar glukosa.

Penelitian di Jepang juga mengungkap hal yang sama. Para ahli melakukan penelitiannya pada tikus penderita diabetes tipe 2 yang diberikan pasta labu. Bahan ini terbukti dapat meningkatkan toleransi glukosa dan resistensi insulin pada tikus-tikus tersebut.

Untuk mendapatkan khasiat ramah labu, Anda juga harus memperhatikan cara pengolahannya. Pie labu misalnya, pengolahan ini merupakan cara konsumsi labu yang dianjurkan. Anda bisa menambahkan rempah kayu manis dan pala untuk membantu mengatasi diabetes.


Sebagai makanan penutup, Anda dapat menyajikan labu dengan dipanggang atau mengukus, tanpa adanya penambahan bahan pemanis, karena hanya akan menambah jumlah kalori yang terkandung. Demikian juga dengan rasa pedas dari cabai yang akan merusak nutrisi labu.
Posting Komentar