Minggu, 23 Juni 2013

Tips Menjauhkan Stres Saat Hamil

Wanita sedang hamil.

Bagi seorang wanita hamil, tingkat stres yang tinggi dapat menjadi masalah bukan hanya untuk dirinya sendiri, tetapi juga janin yang dikandungnya. Banyak hal yang dapat menjadi pemicu seorang calon ibu mengalami ketidaknyamanan, baik secara fisik maupun secara pikiran.

Berikut ini adalah sejumlah tips yang dapat diikuti ibu hamil dalam meredakan stres yang dialaminya, seperti dikutip dari situs healthmeup.com. Tips ini disampaikan oleh Dr. Manju Hotchandani, spesialis Obstetri dan Ginekologi dari Moolchand Women Hospital :

1. Mencari akar masalah : Cobalah untuk menjalani hal-hal ringan seperti beristirahat dari segala bentuk aktivitas pekerjaan dan mencoba untuk mencari tahu apa pemicu dan alasan sebenarnya yang membuat Anda stres. Stres merupakan bentuk dari kekhawatiran dan kecemasan. Tidak ada yang bisa menebak suasana hati seseorang. Oleh karena itu, dengarkan sinyal yang keluar dari tubuh Anda jika terjadi perubahan mood dan istirahat yang cukup.

2. Tidur seperti bayi : Tidurlah minimal delapan jam setiap malam. Selama masa kehamilan, tubuh membutuhkan istirahat yang cukup untuk meringankan stres fisik dan memberikan pikiran waktu untuk beristirahat. Tidur dapat membantu meremajakan tubuh. Pada wanita hamil, tubuh harus bekerja lebih keras karena harus menjalankan fungsi dua orang. Jadi penting bagi Anda untuk menghilangkan stres fisik dan mental serta berhenti berpikir terlalu keras. Melakukan beberapa teknik relaksasi mungkin juga diperlukan untuk membebaskan pikiran Anda dari masalah sehari-hari.

3. Makan sehat : Penting untuk ibu hamil untuk tidak melewatkan waktu sarapan dan makan secara teratur dengan diet yang sehat dan seimbang (banyak buah dan sayuran). Orang yang mengalami stres, umumnya akan mencari jalan keluar dengan mengonsumsi makanan kecil sehingga cenderung memilih makanan yang kurang sehat. Dengan makan secara teratur, maka keinginan Anda untuk ngemil dapat ditekan.

4. Olahraga tubuh dan pikiran : Olahraga adalah salah satu cara untuk melepaskan stres dari dalam tubuh. Dengan melakukan aktivitas fisik, sirkulasi darah akan menjadi lebih cepat dan pada saat yang bersamaan tubuh juga mengeluarkan hormon stres yaitu hormon kortisol. Untuk mendapatkan ketenangan pikiran, Anda bisa menyiasatinya dengan mendengarkan musik atau menonton film yang menenangkan.

5. Rileks : Banyak wanita mengalami stres saat hamil. Untuk mengatasinya, tidak ada salahnya jika Anda mempelajari beberapa teknik relaksasi. Cara ini mungkin akan sedikit membantu Anda untuk tidur lebih baik dan menghilangkan stres yang berhubungan dengan rasa sakit fisik seperti sakit perut dan sakit kepala. Ketika stres menyerang, tubuh seseorang akan mengalami perubahan hormonal. Rileks dan olahraga adalah senjata yang paling berguna untuk melawan stres yang abnormal.

6. Belajar dari pengalaman orang lain : Ketika seorang wanita mengetahui bahwa dia akan menjadi seorang ibu, banyak pertanyaan yang bakal muncul di dalam benaknya. Kekhawatiran ini dapat menjadi salah satu alasan terbesar sehingga mereka mengalami stres. Salah satu cara mengatasi masalah ini adalah belajar dari mereka yang pernah mengalaminya. Bicaralah dengan orang tua Anda atau teman yang sudah lebih dulu melaluinya. Dengan menerima banyak masukan baik dari teman atau orang tua, mungkin Anda akan lebih tenang dalam mengatasi stres.
Posting Komentar