Jumat, 08 Februari 2013

Cara Mengaktifkan USB Debugging pada Android Jelly Bean

USB Debugging di Android Jelly Bean.

Bagi Anda pemilik smartphone android, tentu telah akrab dengan USB Debug, yang merupakan fitur wajib yang harus diaktifkan terlebih dahulu sebelum mengutak-atik android. Selain dapat dipakai untuk memasang custom ROM atau melakukan rooting, USB Debug juga diperlukan agar aplikasi PC Suite bawaan ponsel dapat mengenali ponsel ketika dihubungkan ke PC, juga tidak kalah pentingnya dipakai juga pada saat android digunakan sebagai modem (USB Tethering). Mengingat keberadaannya yang sangat vital dalam melakukan backup dan restore ponsel, maka mengetahui cara aktivasinya sudah barang tentu merupakan hal yang sangat penting bagi penggunanya. 

Namun dengan alasan keamanan, Google rupanya telah memutuskan untuk menyembunyikan kemampuan aktivasi USB Debug ini, yang mana mulai diterapkan pada seluruh ponsel dengan OS Android Jelly Bean. Lalu dimana fitur USB Debug terebut tersembunyi? Silahkan simak tips berikut, seperti dikutip dari Tabloid Pulsa:

  1. Masuk ke Settings melalui shortcut yang terdapat di bar notifikasi.
  2. Setelah masuk ke settings, lanjutkan dengan menggulirkan layar ke bawah sampai ke “about phone”.
  3. Setelah masuk ke “about phone”, silahkan tap “build number” sebanyak 7 (tujuh) kali berturut-turut sampai muncul pesan “you are now developer”.
  4. Setelah itu sentuh tombol virtual “back”, maka menu “Developer options” akan terlihat dan Anda kini dapat mengaktifkan USB Debugging seperti biasa.