Minggu, 02 Juni 2013

Google Membuat Desain Terbaru Untuk Pengguna Gmail

Tampilan Baru Gmail.

Google baru saja secara resmi mengumumkan desain ulang aplikasi Gmail pada Kamis, 29 Mei 2013 melalui blog resminya, seperti dikutip dari arstechnica, update terbaru ini bertujuan untuk mengatasi masalah fungsi dan tampilan versi desktop maupun nirkabel. Desain Gmail terbaru akan memisahkan berbagai jenis pesan ke dalam lima kategori khusus yakni Primary, Social, Promotions , Updates dan Forum.


Kategori Primary merupakan kotak surat regular dari orang-orang atau pihak yang sering dihubungi oleh penngguna Gmail. Kategori Social menjadi tempat penerimaan pesan, Updates dari media sosial seperti YouTube, Google+, Facebook dan lainnya.

Pesan penawaran atau masalah bisnis akan masuk kategori Promotions. Adapun  Forum dipakai untuk memeriksa setiap diskusi terkini dari internet atau mailing list. "Anda hanya tinggal memilih kategori kotak surat yang Anda inginkan dan dalam seketika tersedia!" tulis Google dalam blognya.

Pengguna bisa menyesuaikan kotak surat dengan memilih kategori mana yang ingin digunakan, menggeser, dan memindahkan pesan pada tiap kategori. Pemilik akun bisa juga mengatur pesan tertentu agar dapat masuk ke dalam kategori Primary.

Google berharap desain Gmail baru dapat membantu memecahkan masalah penumpukan pesan pada kotak surat. Sehingga pengguna lebih mudah menyaring setiap email yang masuk dan keluar.

Tampilan Gmail baru hadir pula dalam aplikasi nirkabel Gmail bagi pengguna ponsel cerdas berbasis Android dan iOS. Meskipun pengguna harus terlebih dahulu mengupdate dari Google Play atau App Store iTunes.

Google menuliskan aplikasi menghadirkan menu panel geser yang akan menampilkan setiap kategori dengan kode label berwarna. Dengan inbox baru, Google pada dasarnya melembagakan Filter bagi para pengguna yang tak ingin berurusan dengan tugas mengatur inbox sendiri. Filter memungkinkan pengguna mengatur tindakan spesifik terhadpa pesan masuk dari alamat e-mail tertentu atau menampilkan kata yang telah ditentukan dalam teks tubuh atau baris subjek.

Pengguna kemudian bisa melarang pesan ke tempat sampah atau mengatur tindakan yang akan menyimpan arsip dan file itu dalam folder tertentu yang dibuat oleh pengguna. Desain baru Gmail akan diluncurkan selama beberapa hari mendatang secara bertahap.


Adapun desain baru pada aplikasi Android dan iOS akan hadir dalam beberapa pekan ke depan. Pengguna yang tidak terlalu tertarik pada fitur baru itu, dapat menonaktifkannya dan kembali ke tampilan klasik atau bisa memilih salah satu kategori kotak surat lain yang telah disediakan Google.
Posting Komentar