Kamis, 06 Juni 2013

Memasak Daging Terasa Alot, Lembutkan dengan Yogurt & Pepaya

Irisan Daging.

Saus cocolan sedap sudah tersaji diatas meja. Namun kalau makanan utamanya, yakni steak, alot ketika dimakan, rasanya tentu tidak menyenangkan buat Anda. Banyak bahan makanan alami yang bisa melembutkan daging.


Prinsip utama dalam marinasi (merendam) daging, adalah jika menggunakan cairan asam yang kuat, seperti cuka apel, wine, atau air perasan lemon, maka daging tidak boleh dimarinasi lebih dari dua jam. Bukannya lembut, tekstur daging justru akan mengeras. Jika Anda ingin merendam daging dalam waktu lama dengan tujuan agar rasanya lebih kuat, lebih baik gunakan bahan mengandung minyak dibandingkan cairan asam.

Berikut beberapa bahan makanan alami yang berguna melembutkan daging, seperti diulas Tipnut:

Jahe

Jahe sering digunakan sebagai bumbu masakan, termasuk menu berbahan daging. Jahe mengandung enzim proteolitik yang secara alami memecah protein pada daging sehingga menjadi lembut.

Kopi

Kopi merupakan pelunak alami yang dapat menambah rasa pada daging. Untuk menggunakannya, seduh kopi bubuk kopi di dalam panci, dinginkan lalu marinasi daging selama 24 jam sebelum dimasak.

Buttermilk dan yogurt

Kedua bahan ini mengandung zat asam sementara susu memiliki kandungan kalsium. Enzim ini secara aktif memecah protein dalam daging.

Nanas, kiwi, dan pepaya

Ketiga buah ini mengandung enzim yang memecah protein dan mengikat jaringan. Oleskan buah yang telah dihaluskan atau irisan buah ke daging dan biarkan beberapa jam. Hasilnya sangat baik jika dilakukan pada daging yang diiris tipis.

Baking soda


Seperti halnya garam, baking soda akan memecah protein pada daging. Ada dua cara menggunakan baking soda. Pertama, taburkan baking soda pada permukaan daging dan biarkan atau dinginkan selama beberapa jam. Kedua, buat pasta dengan mencampurkan baking soda dengan air lalu diamkan selama beberapa jam. Bilas daging dengan bersih sebelum dimasak.
Posting Komentar