Jumat, 13 September 2013

Cara Jitu dan Lengkap Mengatasi Masalah Kapasitas Memori Android yang Penuh

Notifikasi android memori penuh.

Apakah Anda pemilik smartphone dengan sistem operasi android, dimana pernah mengalami secara tidak sadar memori yang ada di smartphone Anda tiba-tiba tinggal menyisakan sedikit kapasitas yang kosong?

Ya, banyak sekali orang di social media yang menanyakan hal tersebut. Anda tepat berada disini, karena berikut dibawah ini akan Penulis jelaskan secara detail penyebab dan pastinya solusi untuk mengatasi hal tersebut diatas:


1. Perhatikan Cache Anda!
Cache selalu ada di Android, karena dengan adanya Cache maka Android lebih cepat waktu akan membuka aplikasi yang sama yang pernah dibuka sebelumnya, akan tetapi hal positif ini dapat berbalik menjadi negatif jikalau terlalu menumpuk Cache tersebut, sehingga akan menyita kapasaitas memori Android Kita. Maka berikut aplikasi untuk membersihkan Cache tersebut:
a. App 2 SD
Dengan aplikasi ini Kita dapat menghapus Cache yang ada pada saat Kita pertama kali membuka aplikasi ini secara manual. Klik disini untuk download.
b. Cache Cleaner
Keunggulan aplikasi ini dibanding dengan aplikasi sebelumnya, yakni Kita dapat menyetel interval waktu secara otomatis untuk menghapus Cache yang telah menumpuk. Klik disini untuk download.

2. Perhatikan File Selain Aplikasi dan Game Anda!
Untuk mengetahui seberapa banyak file diluar aplikasi maupun game, maka bukalah setting lalu cari storage. Jika smartphone Anda sudah Jelly Bean dan memiliki sdcard, maka usahakan untuk memindah file-file tersebut dari internal memori menuju ke sdcard dengan jalan pilih "transfer data to sdcard". Jika masih Ice Cream Sandwich maka pindahkan file-file tersebut secara manual lewat file explorer.

3. Perhatikan File Aplikasi dan Game Anda!
Pakailah aplikasi App 2 SD, yang dapat Anda download disini, untuk memindahkan file-file tersebut secara aman. Untuk Ice Cream Sandwich dapat dipindahkan ke sd card, jika sudah Jelly Bean dapat dipindahkan antar internal memori yang telah dipartisi.

4. Perhatikan Browser Google Chrome Anda!
Jikalau Anda memakai chrome dalam jangka waktu yang lama, maka semakin banyak sekali "jejak" data yang ditinggalkan. Maka agar lebih efektif dan efisien, lakukan penghapusan lewat jalan masuk ke opsi setting di chrome, lalu masuk ke privacy, lalu klik clear browsing data, didalamnya ada beberapa opsi untuk memilih apa saja yang ingin Anda hapus.

5. Perhatikan Folder dan File Sampah Anda!
Tiap kali Anda menguninstall sebuah aplikasi maupun game, biasanya selalu meninggalkan file data ataupun folder yang tidak berguna. Maka tidak ada salahnya untuk membersihkannya. Anda tidak perlu khawatir, karena ada satu aplikasi yang dapat mencarinya secara otomatis, agar Kita tidak salah dalam menghapusnya. Aplikasi tersebut adalah Clean Master. Dengan aplikasi ini Anda dapat memilih clear junk files untuk membersihkan file-file sampah tersebut. Klik disini untuk download.

6. Perhatikan Folder "lost.dir" Anda!
Nah, pada poin terakhir inilah yang biasanya luput dari para user android untuk dibersihkan. Menurut pengalaman Penulis sendiri juga hal ini yang hampir tidak terdeteksi. 5 poin sebelumnya sudah dilakukan tetapi sisa memori masih parah. Setelah cek sana-sini, eh ternyata waktu iseng-iseng masuk ke setting lalu pilih storage, cari misc, lalu disitu ada folder lost.dir, pilih lalu delete. Eh, langsung saja sisa memori yang kosong langsung saja bertambah secara signifikan.

Jika Anda telah mengecek serta melaksanakan semua tahapan diatas, Penulis jamin 100% ruang kosong kapasitas memori Anda akan meningkat secara signifikan!


Selamat mencoba, dan jika ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentar dibawah ini, Penulis akan dengan senang hati akan mencoba menjawabnya...
Posting Komentar