Senin, 17 Juni 2013

Dampak Negatif Mengonsumsi Minuman Berenergi

Orang sedang minum.

Hati-hati, jangan dikira mengonsumsi minuman berenergi tidak berdampak buruk bagi kesehatan Kita. Seperti dilansir dari situs Daily Health Post, menurut Dr. Vandana Bhide, lebih dari 50 persen mahasiswa di Inggris mengonsumsi setidaknya satu minuman berenergi tiap bulan. Hal itu menyebabkan goncangan pada tubuh, jantung berdebar, dan energi yang menurun drastis. Agar minuman berenergi tidak membahayakan, beberapa hal ini harus Anda perhatikan dan dijadikan pertimbangan sebelum meminumnya.

1. Tingkat Kafein Hal yang merugikan untuk segi kesehatan dari mengonsumsi minuman berenergi adalah terkandungnya bahan-bahan yang tidak baik bagi tubuh. Salah satu bahan ini adalah kafein. Tidak sedikit minuman berenergi yang mengandung dua atau bahkan tiga porsi kafein yang seharusnya dibutuhkan. Porsi tersebut setara dengan dua kali lipat kafein dalam sekaleng cola. Dengan jeli melihat tingkat kefein dalam minuman, Anda akan terhindar dari konsumsi kafein secara berlebihan.

2. Bahan Berbahaya Lainnya Selain kafein, terdapat pula bahan-bahan lain yang berefek negatif terhadap kesehatan Anda, misalnya guarana. Guarana adalah tanaman penghasil guaranine yang berasal dari Amerika Serikat. Guaranine merupakan zat aditif yang terkandung dalam minuman berenergi. Pada umumnya, guaranine belum termasuk ke dalam jumlah total kafein yang diukur dalam minuman berenergi, tetapi bahan tersebut merupakan bagian dari senyawa kafein. Dengan demikian, ada lebih banyak kafein yang Anda telan selain kefein itu sendiri

3. Adakah Vitamin? Banyak minuman berenergi yang mengatakan bahwa terkandung berbagai vitamin di dalamnya. Namun, penelitian menunjukkan bahwa jumlah yang terdapat dalam minuman berenergi tidak cukup untuk menimbulkan dampak positif untuk tubuh Anda. Itu berarti, kandungan vitamin dalam minuman bernergi sangatlah sedikit. Ditambah pula dengan adanya bahan-bahan kimia yang berbahaya dalam minuman tersebut.

Jangan cepat terbujuk dengan iming-iming yang diiklankan oleh minuman berenergi. Cara terbaik untuk meningkat stamina Anda adalah dengan kegiatan olah raga atau kegiatan fisik lainnya. Dengan melakukan kegiatan olah raga secara rutin, tubuh Anda akan terasa menjadi lebih segar. Di samping itu, pastikan untuk banyak minum air putih serta mengkonsumsi sayuran dan buah.
Posting Komentar