Jumat, 19 Juli 2013

Tips Sukses Berbisnis dari Miliuner Cantik

Salah satu toko Tory Burch.

Miliuner cantik, Tory Burch, berhasil membangun kerajaan fashion-nya dalam satu dekade. Majalah ekonomi Forbes memasukkan namanya dalam daftar 100 perempuan paling berpengaruh di dunia. Apa kunci suksesnya?


Tory Burch saat ini memiliki kekayaaan sekitar US$1 miliar atau Rp9,7 triliun. Kekayaannya ia himpun dari bisnis fashion dengan label "TRB by Tory Burch" dan berubah menjadi "Tory Burch". Saat ini, toko "Tory Burch" berjumlah 83 unit di seluruh dunia.

Dikutip dari Forbes, Tory Burch memberikan tujuh tips agar dapat sukses dalam menekuni usaha. Menjadi miliuner, menurut dia, bukan hal yang sukses dan mempelajari kepemimpinan akan membuka kunci tersebut. Berikut tujuh tips dari Tory Burch:

1. Ikuti gairah Anda

Burch remaja merupakan perempuan yang tomboi, namun mulai tertarik dalam dunia fashion saat kuliah di University of Pennsylvania. Ia lalu bekerja untuk berbagai desainer terkemuka seperti Ralph Lauren dan Vera Wang. Di saat itu lah, ia mencuri berbagai ilmu mereka sebelum mewujudkan mimpinya membuat label fashion sendiri.

Burch keluar dari zona nyamannya, lalu membuat perusahaan sendiri untuk menggapai mimpi. "Saya mengambil risiko dan menempatkan diri di luar sana," katanya.

2. Terima saran dan kritik membangun

Burch sempat membuat 10 nama label fashion-nya, dan akhirnya memutuskan menggunakan namanya sebagai produk. Semua orang memprediksi ia akan gagal dalam sekejap, karena namanya yang tidak diperhitungkan dalam dunia mode. Berbagai kritik dan saran positif yang ia terima serta hiraukan kritikan negatif yang menyerangnya.

3. Taruh orang yang tepat di posisi yang benar

Burch mengakui salah satu kelemahannya adalah kesetiaan. Ia dulu sering menempatkan orang yang ia kenal baik di posisi yang salah. Itu sempat menghancurkan perusahaannya. Ia sadar hal itu salah dan mulai merombak jajaran manajemen sesuai kompetensi. "Bila Anda memiliki orang yang salah dalam posisi yang salah, itu akan memengaruhi seluruh perusahaan," katanya.

4. Buat hubungan

Dalam dunia mode, hubungan antara sesama desainer maupun konsumen sangat penting. Ia memutuskan membuat sebuah yayasan, Tory Burch Foundation, yang bertujuan untuk memberdayakan pengusaha perempuan, yang dapat menjaga hubungan baik dengan relasi maupun konsumen. Ia berhasil memupuk hubungan baik dengan berbagai orang terkenal, seperti Oprah Winfrey.

5. Tumbuh besar

Sejak awal, Burch tahu ia akan membangun label fashion global. Untuk itu, rencana jangka panjang ia susun. Untuk memuluskan rencananya, ia menggandeng Oprah Winfrey dengan mensponsorinya. Hal ini melejitkan produknya hingga mendunia.

Keberuntungan memang penting, tetapi keuntungan jaringan dan kolaborasi akan membantu membuat keberuntungan Anda.

6. Terbuka dan transparan

Burch sempat mengalami masalah saat pengiriman barang untuk konsumen tidak dapat dilacak. Alih-alih bersembunyi, Burch memutuskan menggunakan media sosial dan transparan mengenai masalah tersebut. Hasilnya? Ia mendapatkan dukungan dari konsumen berkat kejujurannya.

7. Kerja keras


Saat Anda melihat orang lain sukses, mudah untuk melihat keberhasilan seperti gampang diraih. Namun, ia percaya perjalanan sukses membutuhkan kerja keras, solusi kreatif, dan inovasi terus-menerus. Ia ingat, saat pertama kali membuka usaha, ia bekerja hingga tengah malam menerima pesanan dari seluruh dunia. "Itu merupakan risiko pekerjaan dan Anda harus menerimanya," katanya.
Posting Komentar