Rabu, 03 Juli 2013

Penyebab Bayi Sering Berkedut Saat Tidur

Bayi sedang tertidur.

Saat tidur, bayi seringkali terlihat menggerakkan otot dengan berkedut. Seorang peneliti dari Universitas Iowa, Amerika Serikat, Profesor Mark Blumberg, mengungkapkan ini terjadi karena mereka berlatih untuk menggerakkan otot dan anggota badan mereka.


Otot yang berkedut pada bayi ternyata menunjukkan kesamaan pada gerakan tak terkendali yang dilakukan oleh hewan, seperti tupai, tikus, anjing, dan kucing, tulis National Geographic. Dalam sebuah makalah baru yang diterbitkan dalam Current Biology, Blumberg berpendapat bahwa gerakan-gerakan, yang dikenal sebagai "mioklonik berkedut", memainkan peran kunci dalam pengembangan sistem saraf.

Selama penelitian, profesor ini menganalisis gerakan berkedut pada tikus yang sedang tidur dalam sebuah rekaman video. Ketika ia melambatkan video, ia menemukan gerakan acak-acakan yang memiliki pola. Gerakan anggota badan ini seringkali berulang, dari kiri ke kanan atau sebaliknya.

Blumberg mengatakan perilaku pengulangan ini melatih sistem motorik otak untuk belajar bagaimana membangun gerakan tubuh yang lebih kompleks.

Otak mencoba memahami bagaimana bentuk kaki, berapa banyak sendi dan otot di dalamnya, dan bagaimana mereka bergerak bersama, kata Blumberg. Jadi, nantinya bayi akan bisa menyerukan perintah di dalam pikiran untuk menghasilkan suatu rangkaian gerak, seperti memasukkan botol ke mulut atau melangkahkan kaki, kata Blumberg lagi.


Selama ini, gerakan berkedut yang menggemaskan pada bayi tidur sering diasumsikan bahwa bayi sedang bermimpi.
Posting Komentar