Minggu, 14 Juli 2013

Cerita Dibalik Gigitan Fenomenal Tyson kepada Holyfield

Tyson sedang menggigit telinga holyfield.

Momen ketika Mike Tyson menggigit telinga Evander Holyfield merupakan salah satu momen paling dikenang dalam sejarah tinju dunia. Kini, momen tersebut dituangkan ke dalam sebuah buku yang juga penuh cerita tak terungkap dibalik momen tersebut.


Sekitar 16 tahun lalu, Tyson mengigit telinga Holyfield dalam pertarungan sengit di MGM Grand Arena, Las Vegas. Insiden itu dikenal publik Amerika Serikat dengan sebutan "Bite Fight".

Kolumnis New York Post, George Willis, yang saat itu berada di pinggir arena melihat dengan jelas apa yang terjadi. Ia kemudian menuangkan kisah-kisah tak terungkap dibalik peristiwa itu ke dalam bukunya, "Twice Bitten".

Seorang paramedis bernama Brian Rogers adalah orang pertama yang mengunjungi keduanya di kamar ganti usai pertarungan dihentikan. Ia pertama datang ke kamar ganti Tyson yang sedang mengamuk.

"Dia berteriak-teriak dan memukul dinding. Dia memukul segalanya, sehingga rasanya semuanya bergetar," kata Rogers seperti dilansir The Sun.


Karena Tyson sedang marah-marah, Rogers kemudian mengunjungi Holyfield. Di kamar gantinya, Holyfield yang dikenal religius ternyata sedang berdoa untuk memaafkan Tyson.

Holyfield setelah itu pergi ke Valley Hospital untuk mengobati lukanya. Di sana, ia diperiksa Dr Julio Garcia seorang ahli bedah plastik. "Secara tradisional, gigitan manusia paling rentan terhadap infeksi. Karena, kita memiliki lebih banyak bakteri di mulut daripada anjing," kata Garcia.

Garcia kemudian diberikan potongan kuping Holyfield. Namun, yang ia dapatkan cuma kulit. Sementara tulang rawannya sudah hilang. Garcia lalu meninggalkan potongan kulit itu sebentar.

Begitu ia kembali, ternyata potongan itu sudah hilang. Gosipnya, potongan itu diambil Holyfield sendiri dan dijual seharga 25 ribu dollar atau sekitar Rp248 juta.

Dalam buku itu, juga terdapat kata pengantar yang ditulis Tyson. "Ketika saya melihat kembali pertarungan kedua melawan Holyfield, saya masih tidak bisa percaya bahwa saya menggigit telinganya. Saya bereaksi buruk saat itu. Dunia tidak pernah melihat saya dengan cara yang sama setelah insiden itu."

Ada banyak teori tentang kenapa Tyson menggigit Holyfield. Salah satunya adalah karena pria berjuluk "Baddest Man on the Planet" itu takut dikalahkan Holyfield lagi. Tyson memang sempat terpojok di pertarungan itu.


Holyfield punya pendapat sendiri soal gigitan tersebut. "Orang tidak menggigit karena mereka jahat. Orang menggigit karena mereka takut," kata dia.
Posting Komentar