Rabu, 24 Juli 2013

Ternyata Air Putih Dapat Meningkatkan Ketajaman Otak

Orang sedang minum air.

Para Peneliti menambah daftar manfaat air putih, yaitu dapat mempertajam pikiran. Efek ini terutama ditandai jika seseorang merasa haus. “Konsumsi air akan membebaskan perhatian mereka yang sebelumnya tertuju pada rasa haus,” ujar peneliti Caroline Edmonds, seperti dikutip Daily Mail. Jadi, air akan membantu membebaskan bagian otak yang sibuk dengan pikiran haus.


Para peneliti dari Universitas East London, Inggris percaya, rasa haus akan menyebabkan seseorang kehilangan fokus. Anggapan ini muncul setelah mereka melakukan penelitian terhadap 34 orang dewasa. Responden menjalani sejumlah tes mental dengan kondisi yang berbeda.

Tes pertama dilakukan sesaat setelah mereka sarapan dengan sereal. Sementara tes kedua dilakukaan sesaat setelah mereka sarapan dengan sereal dan minum sebotol air. Semalam sebelum tes, mereka tidak makan dan minum apapun. Sebagian dari mereka merasa haus, dan sebagian darinya merasa tidak haus.


Hasilnya, mereka yang tidak haus sebelumnya, tidak mengalami perbedaan fokus pikiran saat melakukaan tes dengan atau tanpa minum air sebelumnya. Sementara mereka yang haus sebelumnya dan minum air saat sebelum tes  membuat mereka mampu berpikir lebih cepat 14 persen dibandingkan dengan tidak minum air.
Posting Komentar