Minggu, 28 Juli 2013

Ringdroid: Aplikasi Penting Untuk Masalah Ringtone pada Android Jelly Bean

Aplikasi ringdroid.

Apakah Anda pemilik smartphone besutan Google dengan system operasi Android Jelly Bean? Jika jawabannya "iya", artikel ini wajib Anda simak, mengapa demikian? karena pada artikel kali ini akan terdapat solusi yang cukup penting untuk mengatasi salah satu kekurangan dari system operasi android jelly bean yang penulis temukan dan jumpai sendiri.



Penulis menjumpai suatu permasalahan pada android jelly bean ini, dimana pada saat memakai ringtone yang diambil dari file berformat mp3 yang terletak di sd card, kadang kala tanpa Kita sadari tiba-tiba suatu waktu kembali ke ringtone default pada saat ada panggilan masuk.

Hal tersebut penulis temukan bahwa hanya terjadi pada saat sd card Kita tercabut atau ter-disable secara otomatis (terutama pada saat smartphone dipakai untuk USB tethering alias sebagai modem). Cara mengatasinya yakni otomatis mau tidak mau Kita berpikir bahwa mp3 yang akan Kita jadikan ringtone maupun notification harus diletakkan di internal memory agar tidak terpengaruh pada saat sd card terjadi sesuatu perubahan.

Setelah penulis Googling sana kemari, tidak menemukan jawaban yang memuaskan dan sempurna, hingga pada akhirnya penulis menemukan sendiri kenyataan bahwa android jelly bean memang dibuat sengaja tidak dapat menggunakan mp3 sebagai ringtone maupun notification jika diletakkan di internal memory.

Namun jika Anda masih tetap ingin ringtone favorit Anda diisi dari lagu mp3 favorit Anda agar unik dari pada yang lain, maka satu-satu nya jalan yakni dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dapat didownload secara gratis disini, yakni "ringdroid".

Dengan menggunakan aplikasi ini, mp3 anda akan akan dipaksa untuk dipotong hanya menyisakan lebih kurang 30 detik saja. Caranya mudah, yakni sebagai berikut ini:

1. Download terlebih dahulu aplikasi ringdroid disini.
2. Setelah terinstall di smartphone Anda, lalu buka aplikasi tersebut.
3. Pilih mp3 favorit Anda, lalu pilih opsi edit.
4. Tentukan awal dan akhir dari nada yang akan dijadikan ringtone atau notifikasi, lalu tentukan pilihan akan dijadikan alarm, notifikasi, atau ringtone, lalu klik opsi save.
5. Setelah proses semuanya selesai, maka file mp3 yang telah tersimpan akan diletakkan secara otomatis ke internal memory (biasanya di lokasi sd card 0 / media / audio).
6. Selanjutnya tinggal lakukan pemilihan ringtone seperti biasa pada umunya, baik itu lewat setting - sound, maupun nada untuk aplikasi pihak ketiga yang membutuhkan ringtone.

Demikian share kali ini, semoga dapat membantu para pemakai android jelly bean sekalian.
Posting Komentar