Sabtu, 06 Juli 2013

Otak Bayi yang Diberi ASI Berkembang 30% Lebih Pesat

Seorang ibu sedang menyusui anaknya.

Air susu ibu (ASI) memang merupakan asupan terbaik bagi bayi. Satu lagi buktinya terungkap: pemberian ASI selama tiga bulan mampu meningkatkan perkembangan otak bayi sebesar 30 persen.

Bayi yang diberi ASI eksklusif selama tiga bulan, otaknya mengalami perkembangan esktra. Terutama di bagian yang mengontrol kemampuan bahasa, emosi dan pengertian. Hal ini diungkapkan tim peneliti dari Brown University, Amerika Serikat.


Mereka menemukan bahwa pada saat bayi telah mencapai ulang tahunnya yang kedua perbedaan signifikan bisa dilihat dalam struktur otak mereka. "Kami melihat perbedaan sekitar 20 hingga 30 persen pada tingkat pertumbuhannya, dengan membandingkan bayi yang diberi ASI dan yang tidak," kata Dr. Sean Deoni, kepala penelitian, dikutip Daily Mail.

Menggunakan Magnetic Resonance Imaging (MRI), peneliti mengamati kondisi otak bayi yang diberi ASI pada tahap awal perkembangan mereka, dan membandingkannya dengan bayi yang diberi susu formula milk. Pemindaian menunjukkan bahwa bayi yang diberi ASI memiliki pertumbuhan lebih cepat di area myelin, jaringan serabut saraf panjang yang menghubungkan bagian berbeda dari otak, yang digunakan untuk belajar.

Sementara, pada bayi yang diberi susu formula, tampak pertumbuhan di area tersebut lebih rendah. Dr. Deoni melakukan penelitian ini untuk melihat bagaimana awal perubahan dalam perkembangan otak.

Tim menganalisis kondisi otak 133 bayi yang lahir pada waktu berdekatan dan berasal dari keluarga yang sama. Dengan membandingkan myelin pada anak-anak yang lebih tua dan lebih muda, dapat dikalkulasi seberapa besar ASI mempengaruhi perkembangan materi putih pada myelin.


Selain pemindaian, para peneliti juga melakukan serangkaian tes kognitif dasar yang menunjukkan kinerja bahasa, penerimaan visual dan kontrol motorik. Hasilnya, anak-anak yang diberi ASI menunjukkan hasil yang lebh baik pada tes kognitif. Tim peneliti juga menemukan bahwa semakin lama bayi diberi ASI, maka otak mereka akan lebih berkembang, terutama di area otak yang berhubungan dengan gerakan dan koordinasi tubuh.
Posting Komentar