Jumat, 26 Juli 2013

Manfaat Mengkonsumsi Buah Ceri: Proteksi Jantung hingga Dongkrak Gairah Seksual

Buah ceri.

Tentunya kita sudah mengenal buah ceri, buah mungil yang terasa manis dan biasa menghiasi kue tart favorit Anda. Tapi tahukah Anda bila buah berwarna merah ini memiliki banyak manfaat kesehtan? Ada sejuta manfaat di balik buah ceri. Anda dapat mengonsumsinya untuk memulihkan gangguan kesehatan yang Anda alami. Ikuti ulasan berikut tentang manfaat buah ceri yang perlu Anda tahu, seperti dilansir Femalefirst: 


Bantu pemulihan otot

Sebuah penelitian telah menemukan bahwa sifat anti-inflamasi ceri secara signifikan mengurangi nyeri otot setelah latihan yang ketat. Penelitian yang dilakukan The Oregon Health and Science University di Amerika menunjukkan, pelari yang minum jus ceri sebelum melakukan lari jarak jauh hanya sedikit mengalami nyeri otot setelah lomba daripada mereka yang minum plasebo. Selain itu, penelitian dari London South Bank University juga menunjukkan, setelah minum jus ceri 90 % kekuatan otot atlet kembali normal dalam 24 jam.

Bikin tidur berkualitas

Ceri merupakan salah satu dari sedikit buah yang diketahui menjadi sumber makanan yang mengandung melatonin, yaitu senyawa kimia alami yang membantu otak mengatur waktu tidur. Selain itu, senyawa kimia alami ini juga mencegah hilangnya memori atau ingatan, dan menunda proses penuaan. Para ilmuwan di Northumbria University mengungkapkan, para peserta uji coba penelitian menerima dorongan signifikan terhadap tingkat melatonin mereka setelah makan buah ceri. Rata-rata total waktu tidur mereka meningkat 25 menit atau 5-6 persen dari ukuran kualitas tidur pada umumnya.

Kurangi asam urat

Minum jus ceri telah terbukti membantu kadar darah asam urat dan mengurangi rasa sakit asam urat. Kandungan anthocyanin yang kuat dalam buah ceri mampu mengurangi peradangan dan mengurangi nyeri sendi, serta efek dari osteoarthritis dan rheumatoid arthritis. Anthocyanin bekerja dengan membantu melarutkan kristal urat dan membentuknya di sekitar sendi dan ginjal. Penelitian yang dilakukan oleh The Human Nutrition Research Centre di University of California menunjukkan, wanita yang mengkonsumsi 280 gram ceri dalam semalam memerlihatkan penurunan 15 persen kadar asam urat.

Perlambat penuaan kulit

Menurut para ilmuwan dari Michigan State University, minum satu gelas jus ceri per hari dapat memperlambat proses penuaan kulit. Mereka menemukan, buah ceri memiliki tingkat antioksidan tertinggi dari setiap buah dengan 17 senyawa antioksidan berbeda. Seperti diketahui, antioksidan sangat penting untuk membantu tubuh untuk melawan radikal bebas yang membuat kita terlihat tua. Selain itu, jus ceri juga dianjurkan sebagai pengobatan alternatif untuk kondisi kulit lainnya, termasuk jerawat, rosacea, dan vulgaris. Jus ini juga kaya akan vitamin A dan sifat antibakterinya dapat mengeluarkan toksin dari dalam darah dan melawan bakteri di bawah kulit.

Proteksi jantung

Para ilmuwan dari University of Michigan menujukkan, buah ceri termasuk dalam program diet selama 12 minggu yang dapat menurunkan lemak tubuh sebesar 9 persen. Hal ini khususnya pada lemak di sekitar daerah pinggang yang memberikan kontribusi terbesar terhadap risiko penyakit jantung. Selain itu, penelitian ini juga mengungkapkan, diet kaya ceri dapat membantu mengurangi peradangan dan menurunkan kolesterol yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung.

Pendongkrak seks


Jus ceri diperkaya dengan vitamin A dan C yang dapat meningkatkan libido pada pria dan wanita. Kandungan vitamin A dalam buah ceri dapat meningkatkan kadar testosteron dan estrogen, sedangkan vitamin C meningkatkan hasrat seksual serta meningkatkan volume semen pria.
Posting Komentar