Senin, 08 Juli 2013

Pentingnya Mengaktifkan Google 2 Step Verification

Apakah google account Anda aman?

Pernahkah Anda merasa khawatir data penting Anda yang tersimpan di Google Account dilihat dan dicuri oleh orang lain? Anda wajar memiliki perasaan seperti itu, karena Penulis sendiri pada awalnya juga merasa seperti itu, mengapa bisa demikian? Dikarenakan, Google Account pada setting awalnya hanya memiliki pengaman sebuah password yang mana harus diisi sebelum memasuki isi account, yakni Kita hanya diwajibkan mengisi email dan password, sedangkan email Kita sendiri banyak orang sekitar yang mengetahuinya, jadi tinggal password nya saja yang rahasia. Dikhawatirkan jika seseorang yang tidak bertanggung jawab mencoba-coba dan secara tidak sengaja menemukan password yang ternyata cocok dengan email Kita, maka ucapkan selamat tinggal pada Google Account Kita. Padahal Kita tahu Google Account dapat berisi data penting yang ada di email Kita, posting blogger, backup data nomer telpon, dll.


Maka ada satu fitur yang jarang diperhatikan oleh pemilik Google Account, yakni Google 2 step verification, ya, dengan mengaktifkan fitur ini, maka dijamin orang yang jahil dan tidak bertanggung jawab yang akan melihat atau mencuri data dari Google Account Kita, akan dapat dipastikan akan sangat kesusahan, mengapa bisa demikian? Anda ingin tahu lebih jelas mengenai seluk beluknya? Coba ikuti penjelasan selengkapnya dibawah ini:


Gambar proses google 2 step verification.

*Panduan Step By Step

  1. Pertama-tama masuk ke situs www.google.com/accounts, lalu sign in untuk masuk ke Google Account Anda.
  2. Pilih security, lalu klik edit pada poin 2 step verification.
  3. Masukkan nomer Mobile Phone anda, lalu klik "ON".
  4. Klik 'Manage Application Specific Password".
  5. Input password lagi jika diminta.
  6. Generate a new application specific password
  7. Isi di "name" dengan sembarang (atau perangkat yang akan dipakai untuk menggenerate PIN, seperti PC atau Mobile Phone), lalu generate password.
  8. Lalu Anda akan mendapatkan 10 digit kode untuk dimasukkan ke "Google Authenticator" (yang berguna sebagai alat untuk meng"generate" 6 digit kode).


*Perbedaan Cara Sign In

Dengan anda telah mengaktifkan Google 2 Step Verification, maka Google Account Anda akan lebih terproteksi, seperti:

  1. Signing In akan berbeda, dimana tiap kali setelah memasukkan email dan password, maka google akan mengirimkan 6 digit kode yang akan dikirimkan oleh google ke Mobile phone lewat SMS atau telpon atau pakai Aplikasi "Google Authenticator" yang didapat dari Google Play (dimana ketiga pilihan tersebut didapat pada saat proses pengaktifan Google 2 Step Verification).
  2. Anda juga akan diberikan pilihan pada saat mengisi 6 digit kode tersebut, apakah Anda mempercayai device atau alat yang anda pakai saat memasukkan kode, jika Anda pilih "mempercayai", maka tiap kali menggunakan device yang sama tersebut pada saat akan sign ini ke Google Account, maka Anda tidak akan pernah dimintai memasukkan kode lagi. Demikian pula sebaliknya.
  3. Akan membantu untuk menghindari orang yang tidak bertanggung jawab dalam membuka Google Account Kita dengan menggunakan device yang lain, karena dapat dipastikan dengan menggunakan device yang lain, Google akan meminta untuk memasukkan 6 digit kode itu lagi.


Bagaimana solusi jika secara tidak sengaja mobile phone kita hilang atau rusak? Tidak perlu khawatir, solusinya, Kita dapat dengan segera menuju ke komputer Kita yang telah "dipercaya" untuk sign in ke google account, lalu dengan segera mengubah nomor mobile phone Kita, agar data penting Kita yang ada di mobile phone yang hilang dapat segera terselamatkan.

Maka dari itu, menurut Penulis, penting untuk Kita memastikan komputer Kita yang ada di rumah atau laptop sebagai yang "dipercaya", yang dapat digunakan sebagai cadangan jika sewatu-waktu mobile phone Kita ada hilangnya.

Semoga share kali ini dapat menanggulangi dan menyelamatkan Google Account Anda, Terima Kasih.
Posting Komentar