Minggu, 28 Juli 2013

Alasan Penting Mengurangi Konsumsi Karbohidrat

Bahan makanan mengandung karbohidrat.

Setiap nutrisi memiliki fungsi esensial untuk tubuh, salah satunya ialah karbohidrat. Meski demikian, asupan karbohidrat tetap harus terkontrol dan sesuai porsinya agar kesehatan tetap terjaga.

Karbohidrat amat penting untuk kesehatan tubuh. Sebab dengan asupan karbohidrat tubuh jadi memiliki energi dan bahan bakar untuk menghasilkan metabolisme (penyerapan nutrisi) dalam tubuh. Untuk memenuhinya, Anda bisa mengonsumsi itu dari buah-sayuran dan aneka biji-bijian.

Meski demikian, bila asupan karbohidrat mendominasi tubuh, hal itu bisa membuat Anda mengalami obesitas. Karenanya, Anda harus mengambil langkah preventif agar bisa mengindari masalah itu.

Nah, untuk makin memperjelas agar Anda tak mengalami obesitas. Berikut ini ada enam alasan untuk Anda mengurangi asupan karbohidrat menurut Magforwomen:


Menurunkan kadar trigliserida

Memiliki kadar trigliserida yang tinggi sangat erat hubunganya dengan penyakit jantung dan stroke. Untuk itu, bila Anda termasuk dalam orang yang mempunyai kadar trigliserida yang tinggi, Anda bisa mengurangi asupan karbohidrat agar bisa menghindari risiko itu.

Menurunkan kadar LDL ( kolesterol jahat)

Seperti yang diketahui, LDL atau kolesterol ialah pemicu risiko penyakit jantung. Namun tak usah cemas, Anda bisa memangkas risiko itu dengan mengurangi asupan karbohidrat.

Meningkatkan HDL (Kolesterol baik)

Meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik amat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan bila kadar HDL tinggi bisa membantu melancarkan aliran darah, pembuluh darah dan arteri ke seluruh tubuh.

Membantu mencegah dari tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi erat kaitannya dengan penyakit kardiovaskular. Di mana penyakit itu dapat merupakan kondisi permanen yang membutuhkan obat dalam jangka waktu yang panjang agar bisa terus beraktivitas. Namun, bila Anda terbiasa melakukan diet karbohidrat risiko itu pun bisa dihindari, dan tekanan darah akan terus normal.

Mengurangi lemak dalam tubuh

Mengonsumsi banyak karbodhirat bisa membuat Anda mengalami obesitas, dan kondisi tersebut semakin mendekatkan Anda dengan penyakit diabetes atau kardiovaskular. Bila Anda mengalami hal demikian, tak perlu takut. Sebab dengan Anda mengurangi asupan karbohidrat secara perlahan Anda bisa mengikis lapisan demi lapisan lemak dalam tubuh.

Mengurangi peradangan tubuh


Depresi, serangan jantung, Alzheimer, kanker semua terkait dengan peradangan (penyempitan pembuluh darah). Untuk itu Anda harus mengambil langkah preventif sejak dini, yakni dengan memakan makanan yang rendah karbohidrat. Sehingga Anda bisa menurunkan risiko peradangan dan kondisi tubuh pun bisa terus sehat. 
Posting Komentar