Minggu, 09 Desember 2012

Jangan Pernah Anggap Remeh Sakit Pinggang!


Sakit pinggang adalah salah satu masalah kesehatan yang paling umum terjadi. Namun demikian, Anda tidak boleh menganggap remeh rasa nyeri di pinggang Anda tersebut.  Ada kalanya, sakit pinggang dapat memberikan indikasi masalah kesehatan yang lebih serius dan tidak terdiagnosis kalau tidak timbul masalah. 

Intensitas sakit pinggang bervariasi, mulai dari sakit yang hanya sedikit dan tidak begitu terasa, sampai keadaan sakit yang menyebabkan penderitaan yang tak tertahankan. Rasa sakit bisa timbul secara tiba-tiba tanpa peringatan atau datangnya secara perlahan-lahan.

“Sakit pinggang tidak selalu menjalar ke bagian kaki. Rasa sakit yang lokal biasa disebut  pegal, tegang, nyeri, perasaan otot yang berdenyut atau tertarik. Rasa sakit ini biasanya akan lebih parah kalau pasien membungkuk, duduk, jalan atau berdiri terlau lama di posisi yang sama,” tutur Adji A / Professor Hee Hwan Tak, seorang Medical, Director and Senior Consultant di Singapura, dalam keterangan pers yang dikirimkan ke redaksi Okezone, Kamis (6/12/2012).

Namun jika rasa sakitnya berasal dari saraf yang tertekan akibat herniated disc atau HNP (Herniated Nucleus Pulposus), pasien akan merasa sakit yang ringan di bagian panggul atau bagian dari kaki, atau perasaan kesemutan di bagian-bagian ini.

“Rasa sakit ini akan bertambah parah pada saat bersin atau batuk. Rasa sakit ini biasanya terjadi pada satu kaki, tetapi bisa menjalar ke dua kaki jika diskus menekan saraf yang berakar ke kedua kaki,” kata pengajar di fakultas kedokteran National University of Singapore.

Menurut pria yang berspesialis di penyakit dan kelainan tulang belakang ini, sakit pinggang ada beberapa macam. Pertama, sakit pinggang disebut akut jika sakitnya hanya beberapa hari sampai beberapa minggu. Sementara dianggap kronis apabila rasa sakit berlanjut lebih lama dari tiga bulan.

“Walaupun sakit pinggang ini biasanya tidak membahayakan jiwa, namun disarankan untuk konsultasi dengan dokter untuk sakit pinggang yang kronis atau yang timbul berulang-ulang,” ungkapnya.

Penyebab lain yang lebih serius adalah tumor tulang belakang, infeksi, retak pada tulang, rusaknya saraf, osteoporosis, radang sendi, atau sakit yang disebabkan oleh organ lain seperti ginjal.

Berikut ini beberapa pengobatan sederhana untuk mengurangi sakit pinggang, seperti yang diungkapkan Professor Tak:

Olahraga yang benar
Istirahat
Terapi panas dan dingin
Latihan postur tubuh
Turunkan berat badan
Kurangi stres dan latihan untuk rileks
Obat
Manipulasi tulang belakang

Sumber: okezone.com


Terus Support "Save Our Earth and Life", dengan download, baca, terapkan, dan sebarkan artikel berikut ini:
e-book Global Warming (Absolutely FREE, secure & tested).