Selasa, 04 Desember 2012

Bagaimana Solusi Menghentikan Dengkuran


Mendengkur adalah hal yang umum terjadi baik pada pria maupun wanita. Namun jangan dianggap sepele, karena bisa jadi mendengkur yang Anda alami merupakan gejala dari suatu penyakit. 

Saat Anda mendengkur, itu tanda dari adanya gangguan tidur. Ini bisa menjadi sebuah gejala masalah serius seperti penyakit sleep apnea. Untuk mengatasi dengkuran Anda, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membantu mengurangi atau bahkan menghilangkan dengkuran, seperti yang dilansir Healthmeup.
  
Atur posisi tidur

Cobalah untuk tidur dalam posisi menyamping. Orang-orang yang tidur dengan posisi telungkup atau terlentang cenderung mendengkur karena posisi ini memungkinkan tenggorokan Anda untuk memblokir jalan nafas. Oleh karena itu, cobalah untuk tidur menyamping untuk menghindari dengkuran.
  
Gunakan bantal tambahan saat tidur

Mengganjal kepala Anda dengan bantal tambahan akan membuat kepala Anda lebih tinggi dari dada Anda. Ini akan membantu menurunkan dengkuran Anda dan menjaga jalan nafas Anda lebih terbuka.
  
Hindari obesitas

Obesitas tidak hanya menyebabkan diabetes dan masalah kesehatan lainnya, tetapi juga menyebabkan Anda mendengkur. Berat badan yang berlebihan di sekitar leher Anda mempersempit jalan nafas, membuat gesekan antara jaringan dalam tenggororkan dan memicu suara keras saat Anda bernafas.
  
Jauhi alkohol

Orang-orang yang mengonsumsi alkohol biasanya mendengkur lebih sering. Alkohol membuat saluran nafas Anda rileks saat tidur, ini memberikan kontribusi lebih pada dengkuran Anda.
  
Setop merokok

Merokok selain membahayakan bagi kesehatan, rokok juga menyebabkan mendengkur karena mengurangi kemampuan tubuh Anda untuk memanfaatkan oksigen, sehingga menyumbat saluran udara Anda. Oleh karena itu, berhenti merokok jika Anda ingin mengurangi mendengkur.

Sumber: okezone.com