Senin, 15 Oktober 2012

Trik Menjaga Jantung si Kecil Tetap Sehat

Anak yang sehat.

Memiliki jantung yang sehat bukan hanya tugas orang dewasa, tapi kesehatan jantung ini harus dijaga sejak masih anak-anak. Ini cara menjaga jantung si kecil agar tetap sehat.
Jantung merupakan organ tubuh yang memiliki ukuran hanya sebesar kepalan tangan. Meski terbilang kecil, organ ini memiliki fungsi vital yaitu memompa darah dari dan ke seluruh tubuh. Untuk itu kesehatannya harus dijaga agar ia bisa berfungsi dan bekerja secara optimal. Berikut ini trik-trik yang bisa dilakukan untuk menjaga jantung si kecil, yaitu: 

1. Pola makan sehat Orangtua sebaiknya tidak memanjakan anak dengan makanan yang gurih, manis dan berlemak, tapi cobalah untuk memulai menambahkan buah dan sayur. Buah dan sayuran berserat tinggi terbukti mengandung nutrisi yang dapat melindungi anak terhaap penykit jantung dikemudian hari. Jika sejak kecil sudah terbiasa makan buah dan sayur, maka kebiasaan ini akan terbawa hingga dewasa.

2. Olahraga yang menyenangkan Sisihkan waktu anak untuk berolahraga, pastikan kegiatan yang dilakukan menyenangkan untuk anak. Biarkan anak memilih olahraga apa yang disukainya, serta turutlah berpartisipasi dalam aktivitas fisik bersama anak. Kegiatan bersama yang bisa dilakukan seperti berjalan bersama atau naik sepeda saat akhir pekan.

3. Kurangi waktu menonton televisi dan komputer Hindari membiarkan anak menonton televisi atau bermain komputer selama lebih dari 2 jam dalam waktu sehari. Serta bantulah dan bimbing anak saat menonton, sehingga orangtua bisa menghentikannya jika sudah lebih dari 2 jam.

4. Menyikat gigi Kebersihan mulut yang buruk bisa berkontribusi terhadap perkembangan penyakit jantung di kemudian hari, karena bakteri di gigi dan gusi dapat masuk ke aliran darah. Pastikan anak menyikat gigi saat pagi hari dan sebelum tidur, serta melakukan pemeriksaan secara teratur.

5. Kurangi garam Konsumsi garam terlalu banyak bisa menempatkan anak pada risiko mengalami penyakit kardiovaskular, karena itu asupannya harus dibatasi termasuk makanan yang diproses atau beku. Sebagai gantinya, gunakan rempah-rempah untuk menambah rasa.

6. Berikan porsi kecil Batasi porsi makan anak untuk membantu menghindarinya dari makan berlebihan dan obesitas. Jangan membuat anak mengonsumsi segala sesuatu yang ada di piring. 

7. Hindari paparan rokok Sudah menjadi rahasia umum jika rokok dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Untuk itu usahakan menghindari paparan asap rokok sejak kecil, serta beri pemahaman mengenai bahaya rokok bagi kesehatan seperti jantung dan paru-paru, agar saat dewasa kelak tidak terjebak dalam candu rokok.

Sumber: timesofindia.indiatimes.com