Kamis, 18 Oktober 2012

Stres Cepat Reda, Rileks Saja

Orang sedang stres.

Mengenali stres yang kini Anda alami memang sulit. Namun, Anda bisa optimistis terbebas dari masalah tersebut. Ini dia caranya.
Cara mengendalikan stres disebut sebagai manajemen stres. Pertama-tama, Anda harus mengenali sumber stresnya, apa yang menyebabkan stres saat ini, bagaimana respons Anda terhadap stres, apa yang dirasakan akibat stres ini. “Kedua, kenali bagaimana cara Anda menghadapi stres saat ini. Misalnya, menyelesaikan atau melarikan diri dengan merokok, makan berlebihan, menarik diri, atau menyalahkan orang lain,” tutur dr. Cecilia J. Setiawan, SpKJ, MKes, psikiater di Rumah Sakit Awal Bros Tangerang yang dijumpai Okezone secara eksklusif, belum lama ini.

Berikut adalah langkah-langkah manajemen stres yang dijabarkan oleh dr. Cecil:

-  Hindari stres yang tidak perlu, belajar berkata tidak, kurangi waktu bersama orang yang membuat stres, kontrol lingkungan sekitar, pilih-pilih hal-hal mana yang harus didahulukan untuk diselesaikan.

-  Ubah situasi (jika tidak bisa menghindarinya), kompromi, komunikasikan, atur waktu dengan lebih baik.

-  Adaptasi dengan stresor (jika tidak bisa merubahnya), melihat kembali masalah, pandang dengan sudut pandang yang berbeda, sesuaikan standar kita, fokus pada hal-hal yang positif.

-  Menerima hal-hal yang tidak dapat diubah, jangan mencoba mengontrol hal-hal yang tidak dapat dikontrol, melihat masalah sebagai kesempatan untuk pertumbuhan diri, berbagi masalah dengan orang lain atau ahli, dan belajar untuk memaafkan.

-  Sediakan waktu untuk kesenangan dan rileks

-  Lakukan gaya hidup sehat, makanan yang sehat, olahraga teratur, tidur yang cukup.