Rabu, 03 Oktober 2012

Makanan padat pertama yang tepat untuk bayi

Bayi Sedang Makan.

Memilih makanan untuk bayi memang gampang-gampang susah. Pasalnya, ada bayi yang memiliki alergi-alergi terhadap jenis makanan tertentu. Belum lagi jika Ia mendadak sulit makan, pasti kepusingan kita sebagai orang tua pun semakin menjadi. Tetapi sekarang tidak perlu khawatir lagi, berikut ini adalah jenis makanan yang mudah untuk dikonsumsi si kecil dan terjamin kesehatannya.
Tekstur sereal beras adalah yang termudah untuk dikonsumsi bayi bila dibandingkan dengan makanan padat lainnya seperti biskuit. Apabila Anda memberi biskuit pada si kecil, pastikan biskuit tersebut telah dicelup dengan air sehingga mudah untuk dikonsumsi.

Anda harus ingat, si kecil pasti enggan memakan sesuatu yang dirasa “sulit” untuk dikonsumsi. Selain itu untuk alternatif, Anda bisa juga mencampur sereal beras dengan air, susu formula atau bahkan dengan ASI untuk hasil yang maksimal. Apel, jeruk dan pisang adalah jenis buah-bauhan yang paling mudah dan sering dikonsumsi untuk bayi.

Selain kaya gizi, Anda pun sebagai orang tua dapat dengan mudah memberi makan buah karena bisa dengan banyak cara seperti dilumatkan, di tim ataupun dipotong kecil-kecil. Biasakanlah si kecil dengan buah-buahan agar ketika Ia memasuki usia balita, Ia dapat mengganti cemilannya yang mungkin kurang bergizi dengan buah yang kaya manfaat.

Rasa sayuran yang tidak manis memang kerap membuat si kecil enggan untuk memakannya, apalagi jika selama ini Ia terbiasa dengan susu formula atau ASI. Ada baiknya Anda memperkenalkan sayuran lebih dahulu sebelum mengenalkan buah, agar Ia tidak memiliki bandingannya, karena sebetulnya sayuran adalah makanan padat terbaik pertama untuk bayi Anda.