Kamis, 18 Oktober 2012

Tips Hindari Lelah Setelah Olahraga

Latihan fisik menjadi cara jitu untuk membentuk otot tubuh, namun orang-orang cenderung mengabaikan perawatan otot setelah melakukan latihan ini. Memulihkan otot-otot yang tegang setelah latihan sangat penting untuk menjaga otot tetap aktif. Untuk itu, simak beberapa tips dari Kevin Symes, seorang pelatih atletik.
- Pendinginan Pendinginan yang dilakukan dengan benar sama pentingnya dengan pemanasan sebelum memulai olahraga. Anda dapat memilih jalan cepat atau jogging untuk melemaskan otot tubuh. Detak jantung akan bertambah cepat untuk asam laktat. Dengan melakukan pendinginan yang benar, Anda juga memberikan kesempatan bagi tubuh menerima lebih banyak oksigen.

- Makan dengan benar Setelah berolahraha, sangatlah krusial untuk memberikan tubuh asupan protein. Nutrisi ini akan meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh, membuatnya semakin mudah untuk memindahkan gula dari aliran darah ke jaringan-jaringan tissu seperti otot. Untuk itu, segera konsumsi protein tidak lebih dari 30 menit setelah Anda berolahraga.

- Ganti cairan tubuh yang hilang Tubuh berkeringat lebih banyak saat berolahraga. Cara tercepat untuk memulihkan kondisi tubuh, adalah dengan mengganti cairan tubuh yang terbuang melalui keringat. Pastikan Anda mengkonsumsi air putih. 75 bagian otot terdiri dari air, oleh karena itu mengkonsumsi air putih dengan cukup tentu saja merupakan hal yang penting untuk mengembalikan stamina.

- Istirahat Latihan kekuatan otot sangat berbeda dengan kardio yang lebih membakar kalori. Oleh karena itu, jika Anda melakukan kedua jenis latihan ini, berikan jeda satu atau dua hari untuk menghindari cedera otot.

© VIVA.co.id