Sabtu, 20 Oktober 2012

Teh: sedap dan sangat bermanfaat!

Banyak di antara kita berusaha menjaga kesehatan dengan berbagai upaya. Ada yang selalu mengonsumsi makanan sehat, ada yang beristirahat cukup, dan ada pula yang berolahraga secara teratur. Melakukan semuanya dengan sungguh-sungguh akan membuat badan dan pikiran kita sehat.
Namun, ada juga yang mempercayai bahwa minum teh bagus untuk kesehatan. Sayangnya, banyak yang belum mengetahui manfaat dari minum teh ini. Padahal, minuman herbal ini sangat berguna untuk kesehatan tubuh. “Teh mengandung antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas yang masuk dalam tubuh,” tutur Astri Kurniati, S.T, MAppSc, Manager of Nutrition and Health Science Department dari Nutrifood Research Center, dalam surat elektronik yang dikirimkan secara eksklusif kepada Okezone, belum lama ini.
Yang termasuk dalam golongan zat antioksidan, antara lain vitamin, polipenol, karotin, dan mineral. Secara alami, zat ini sangat besar peranannya pada manusia untuk mencegah terjadinya penyakit. Antioksidan melakukan semua itu dengan cara menekan kerusakan sel yang terjadi akibat proses oksidasi radikal bebas. Sementara radikal bebas sebenarnya berasal dari molekul oksigen yang secara kimia strukturnya berubah akibat dari aktivitas lingkungan.
Aktivitas lingkungan yang dapat memunculkan radikal bebas antara lain radiasi, polusi, merokok, dan lain sebagainya. Radikal bebas yang beredar dalam tubuh berusaha mencuri elektron yang ada pada molekul lain, seperti DNA dan sel. Pencurian ini jika berhasil akan merusak sel dan DNA tersebut. Dapat dibayangkan jika radikal bebas banyak beredar, maka akan banyak pula sel yang rusak. Sialnya, kerusakan yang ditimbulkan dapat menyebabkan sel tersebut menjadi tidak stabil yang berpotensi menyebabkan proses penuaan dan kanker.
Melihat banyaknya produk teh yang dijual di pasaran, membuat kita kesulitan menentukan teh yang mana yang bagus untuk kesehatan. Apakah teh hijau seperti kata iklan atau teh yang lainnya? Pertanyaan ini sebenarnya sudah berkembang sejak lama dan sampai saat ini banyak yang mempercayai bahwa teh hijau mempunyai kandungan yang lebih “sehat” daripada teh jenis lain. Padahal, teh hijau tidak begitu disukai karena rasanya yang tidak seenak teh biasa. Lalu, mengapa teh hijau begitu spesial? Bisa jadi lantaran perbedaan proses pengolahan. Teh hijau diolah dengan cara dikukus untuk mempertahankan kandungan zat yang ada di dalamnya. Sedangkan pada teh biasa, pengolahannya dengan cara dikeringkan sehingga akan merusakan kandungan zat yang ada di dalamnya.

Sumber: okezone.com