Kamis, 18 Oktober 2012

Diabetes type 1 versus Diabetes type 2

Gambar diabetes.

Tahukah Anda, ada dua tipe diabetes yang umum terjadi di masyarakat? Diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Lalu, apa yang membedakan keduanya?
Berikut ini penjelasan mengenai diabetes tipe 1 dan 2 yang perlu Anda ketahui, sebagaimana dilansir Foxnews. Diabetes Tipe 1 Diabetes tipe 1 juga dikenal sebagai juvenile diabetes, yaitu penyakit kronis di mana pankreas tidak dapat memproduksi insulin hormon yang memungkinkan sel untuk menyerap gula dan mengubahnya menjadi energi. Meskipun dapat terjadi pada semua usia, diabetes tipe 1 biasanya didiagnosis pada orang yang lebih muda.

Penyakit ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk genetika dan kontak dengan virus tertentu. Diabetes Tipe 2 Mirip dengan tipe 1, tipe 2 diabetes berkaitan dengan ketidakmampuan tubuh untuk menggunakan insulin secara efektif. Individu dengan diabetes tipe 2 dapat menghasilkan insulin, tetapi diproduksi sedikit sekali oleh tubuh. Sejauh ini, diabetes tipe 2 adalah paling banyak ditemui di masyarakat. Menurut American Diabetes Association sekira 95 persen diabetes tipe ini yang banyak dijumpai.

Meskipun penyebab pastinya belum diketahui, kelebihan berat badan dan pola makan yang buruk diperkirakan berkontribusi untuk meningkatkan risiko diabetes. Gejala dari kedua jenis diabetes ini hampir serupa, seperti mengalami buang air kecil, sering haus dan lapar, serta penurunan berat badan, penglihatan kabur, dan kelelahan. Penderita diabetes tipe 2 juga dapat melihat bercak-bercak hitam pada kulit di sekitar lipatan tubuh, seperti ketiak. Sayangnya, diabetes adalah tipe penyakit yang tidak bisa disembuhkan dan akan ada seumur hidup Anda. Kontrol makanan dan membenahi gaya hidup menjadi salah satu pilihan agar diabetes Anda tidak semakin parah.