Rabu, 03 Oktober 2012

Terapi anak dengan alergi susu sapi

Bayi Terserang Alergi.

Terapi utamanya adalah dengan menghindari bayi dari makanan yang mengandung produk susu sapi.
Bayi yang sudah diketahui menderita alergi susu sapi maka diberikan susu yang proteinnya telah dipecah menjadi zat yang lebih kecil disebut susu formula ekstensif hidrolisat. Baca susu HA dan daftar susu ekstensif hidrolisat.

Masalahnya susu ekstensif hidrolisat ini rasanya kurang enak dan harganya mahal. Maka diberikan susu alternatif yaitu susu HA dan susu soya. Pemberian susu hipoalergenik (susu HA) bukan susu pilihan pertama untuk bayi alergi susu sapi, karena susu HA masih memiliki 18% protein dengan ukuran >6000 dalton.

Artinya susu HA masih mungkin menimbulkan reaksi alergi pada bayi yang menderita alergi susu sapi. Pilihan alternatif lain adalah pemberian susu soya. Susu soya direkomendasikan untuk anak alergi susu sapi sebagai terapi alternatif untuk bayi diatas umur 6 bulan. Perlu diingat susu formula berbahan dasar kedelai ini bukan terapi utama untuk bayi dengan alergi susu sapi, hanya susu alternatif yang dapat dicoba digunakan. Mengapa? Karena masih ada sebagian kecil, 8%-14%, anak alergi susu sapi yang juga menunjukkan alergi protein dari susu kedelai.

Jadi di awal pemberiannya harus dengan pengawasan dokter dan persetujuan orang tua. Bila mendapat ASI eksklusif maka si ibu diharuskan menghindari makanan yang mengandung susu sapi misal keju, cream, es krim dll serta makanan yang bisa menimbulkan reaksi silang seperti kacang. Sampai kapan susu khusus diberikan untuk anak alergi susu sapi?

Kabar baiknya, sebanyak 50% anak dengan alergi susu sapi pada usia 1 tahun akan toleran pada susu sapi. Artinya tidak alergi susu sapi lagi. Dan pada usia 2 tahun, sebanyak 70% anak alergi susu sapi akan toleran. Pada usia 5 tahun, sebanyak 95% anak alergi susu sapi akan toleran. Bagaimana hal itu bisa terjadi? Gampangnya, karena lama kelamaan si bayi sudah kebal alias sudah tidak sensitif banget sama protein susu sapi. Usia berapa anak anda akan menjadi tidak alergi?

Tidak ada yang bisa memprediksinya. Karena itulah, pada usia 1 tahun, dokter akan mencoba untuk memberikan susu sapi untuk mengetahui anak anda sudah toleran atau tidak. Bila sudah toleran, makan si kecil dapat mulai minum susu yang berbahan dasar susu sapi.