Senin, 08 Oktober 2012

Semangka: Buah kaya biji dan air ini bagus untuk jantung lho!

Buah Semangka.

Untuk urusan menjaga kesehatan jantung, banyak orang yang lebih mengandalkan konsumsi buah apel. Tapi sebuah studi baru di AS telah menemukan fakta tentang buah lain yang memiliki manfaat luar biasa bagi jantung yaitu semangka.
Menurut percobaan yang dilakukan Purdue University dan University of Kentucky, tikus yang diberi makan jus semangka menerima lebih banyak keuntungan bila dibandingkan dengan kelompok tikus pembandingnya. Peneliti membagi sejumlah tikus menjadi dua kelompok yang sama-sama diberi makanan yang mengandung lemak jenuh dan kolesterol tinggi. Lalu satu kelompok diberi minuman yang mengandung 2 persen jus semangka, sedangkan kelompok lainnya minum air yang dicampur dengan larutan yang ukuran kandungan karbohidratnya sama persis dengan jus buah.

Tikus yang diberi jus semangka menunjukkan kadar kolesterol 'jahat' (LDL) 50 persen lebih rendah dari kelompok pembanding, berat badan tikus dengan jus semangka pun 30 persen lebih rendah dari kelompok satunya, bahkan plak yang terbentuk di arteri tikus yang minum jus semangka juga 50 persen lebih sedikit daripada tikus yang tidak diberi semangka. "Kami menduga bahwa manfaat luar biasa ini diperoleh berkat kandungan senyawa pada semangka yang disebut sitrulin," ungkap Sibu Saha, peneliti dan profesor bedah dari University of Kentucky seperti dilansir dari medicalnewstoday, Senin (8/10/2012).

Temuan ini juga senada dengan studi sebelumnya yang menyatakan bahwa konsumsi semangka dapat mengakibatkan pengurangan atherosclerosis (pembentukan plak di dinding arteri) pada sejumlah binatang. Studi lain juga menemukan bahwa semangka dapat menurunkan tekanan darah. "Tapi kami tak melihat adanya penurunan tekanan darah, hanya saja perubahan hal lain tampaknya menjanjikan," kata Shubin Saha, peneliti lain dari Purdue University yang juga seorang pakar sayuran.