Salah satu toko Tory Burch. |
Miliuner cantik, Tory Burch, berhasil membangun
kerajaan fashion-nya dalam satu dekade. Majalah ekonomi Forbes memasukkan
namanya dalam daftar 100 perempuan paling berpengaruh di dunia. Apa kunci
suksesnya?
Tory Burch saat ini memiliki kekayaaan sekitar US$1 miliar
atau Rp9,7 triliun. Kekayaannya ia himpun dari bisnis fashion dengan label
"TRB by Tory Burch" dan berubah menjadi "Tory Burch". Saat
ini, toko "Tory Burch" berjumlah 83 unit di seluruh dunia.
Dikutip dari Forbes, Tory Burch
memberikan tujuh tips agar dapat sukses dalam menekuni usaha. Menjadi miliuner,
menurut dia, bukan hal yang sukses dan mempelajari kepemimpinan akan membuka
kunci tersebut. Berikut tujuh tips dari Tory Burch:
1. Ikuti gairah Anda
Burch remaja merupakan perempuan yang tomboi, namun mulai
tertarik dalam dunia fashion saat kuliah di University of Pennsylvania. Ia lalu
bekerja untuk berbagai desainer terkemuka seperti Ralph Lauren dan Vera Wang.
Di saat itu lah, ia mencuri berbagai ilmu mereka sebelum mewujudkan mimpinya
membuat label fashion sendiri.
Burch keluar dari zona nyamannya, lalu membuat perusahaan
sendiri untuk menggapai mimpi. "Saya mengambil risiko dan menempatkan diri
di luar sana," katanya.
2. Terima saran dan kritik membangun
Burch sempat membuat 10 nama label fashion-nya, dan akhirnya
memutuskan menggunakan namanya sebagai produk. Semua orang memprediksi ia akan
gagal dalam sekejap, karena namanya yang tidak diperhitungkan dalam dunia mode.
Berbagai kritik dan saran positif yang ia terima serta hiraukan kritikan
negatif yang menyerangnya.
3. Taruh orang yang tepat di posisi yang benar
Burch mengakui salah satu kelemahannya adalah kesetiaan. Ia
dulu sering menempatkan orang yang ia kenal baik di posisi yang salah. Itu
sempat menghancurkan perusahaannya. Ia sadar hal itu salah dan mulai merombak
jajaran manajemen sesuai kompetensi. "Bila Anda memiliki orang yang salah
dalam posisi yang salah, itu akan memengaruhi seluruh perusahaan,"
katanya.
4. Buat hubungan
Dalam dunia mode, hubungan antara sesama desainer maupun
konsumen sangat penting. Ia memutuskan membuat sebuah yayasan, Tory Burch
Foundation, yang bertujuan untuk memberdayakan pengusaha perempuan, yang dapat
menjaga hubungan baik dengan relasi maupun konsumen. Ia berhasil memupuk
hubungan baik dengan berbagai orang terkenal, seperti Oprah Winfrey.
5. Tumbuh besar
Sejak awal, Burch tahu ia akan membangun label fashion
global. Untuk itu, rencana jangka panjang ia susun. Untuk memuluskan
rencananya, ia menggandeng Oprah Winfrey dengan mensponsorinya. Hal ini
melejitkan produknya hingga mendunia.
Keberuntungan memang penting, tetapi keuntungan jaringan dan
kolaborasi akan membantu membuat keberuntungan Anda.
6. Terbuka dan transparan
Burch sempat mengalami masalah saat pengiriman barang untuk
konsumen tidak dapat dilacak. Alih-alih bersembunyi, Burch memutuskan
menggunakan media sosial dan transparan mengenai masalah tersebut. Hasilnya? Ia
mendapatkan dukungan dari konsumen berkat kejujurannya.
7. Kerja keras
Saat Anda melihat orang lain sukses, mudah untuk melihat
keberhasilan seperti gampang diraih. Namun, ia percaya perjalanan sukses
membutuhkan kerja keras, solusi kreatif, dan inovasi terus-menerus. Ia ingat,
saat pertama kali membuka usaha, ia bekerja hingga tengah malam menerima
pesanan dari seluruh dunia. "Itu merupakan risiko pekerjaan dan Anda harus
menerimanya," katanya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar