Kamis, 06 Maret 2014

10 Hal Agar Hubungan Tetap Harmonis

Dalam suatu hubungan, perbedaan pendapat bukan hal aneh. Pertengkaran merupakan sesuatu hal yang wajar, walau seringkali memicu perpisahan. Namun, Barton Goldsmith, Ph.D, seorang psikoterapi, menyarankan 10 hal supaya hubungan tetap harmonis. Berikut saran Goldsmith seperti dikutip dalam situs Psychology Today, Kamis, 27 Juni 2013.


1. Temui terapis
Mendatangi konselor pernikahan akan memberikan pandangan orang ketiga yang terlatih dan objektif. Jadi, tidak ada pihak yang diberatkan atau disalahkan atas masalah yang terjadi. Dengan pemikiran objektif, masalah akan cepat teratasi.

2. Banyak lakukan hal bersama-sama.
Lakukan banyak hal bersama-sama dengan pasangan, termasuk tidur bersama, makan bersama, dan saling berbicara. Ini akan membuat rasa kebersamaan muncul dan perpisahan menjadi jawaban yang tak perlu.

3. Sisipkan foto
Sebuah gambar bisa menunjukkan sejuta kata. Memasang foto pasangan di meja, di ponsel, atau di komputer akan mengisyaratkan bahwa kita memikirkannya sepanjang waktu.

4. Berdansa
Meskipun tidak mahir berdansa, memegang tubuh pasangan dan bergoyang mengikuti irama musik akan menimbulkan ikatan yang romantis.

5. Lakukan hal baru
Melakukan hal-hal baru bersama-sama dapat melepaskan hormon oksitosin dalam otak. Hormon ini akan merangsang kita untuk untuk membuka diri dan menjalin hubungan yang segar.

6. Bercinta
Sentuhan adalah salah satu kekuatan yang dapat memelihara sebuah hubungan. Perlakuan lembut, ditambah dengan kata-kata yang santun akan membantu memperbaiki hubungan dengan pasangan.

7. Wisata bersama
Bepergian dapat membantu membangun kenangan yang menjadi harta dalam hubungan dengan pasangan selama ini. Hal ini juga dapat membantu melupakan masa sulit dan membuka perspektif baru.

8. Komunikasi setiap hari.
Saat terjadi pertengkaran, bukan berarti membiarkan satu hari berlalu tanpa bcara sepatah kata pun. Semakin banyak komunikasi, justru semakin baik untuk memperbaiki hubungan.

9. Menyatakan cinta
Tidak mengekspresikan cinta bukanlah sesuatu yang baik untuk hubungan. Berucap, tidak akan mengurangi nilai apapun, tidak akan merugikan diri. Justru, menyatakan cinta akan mempererat hubungan dengan pasangan.

10. Berbicara tentang banyak hal

Tidak berbagi isi hati dan isi kepala justru akan membuat pasangan merasa jauh. Ia akan merasa tidak dibutuhkan. Berbicara tentang pelbagai hal dan tentang segala perasaan akan membuat terkoneksi dengan pasangan.
Posting Komentar