Kamis, 06 Maret 2014

Pria Wajib Tahu, Cara Alami Cegah Kanker Prostat

Kanker prostat merupakan penyakit yang jarang ditemukan pada pria berusia kurang dari 40 tahun. Meski demikian, kanker prostat adalah penyebab kematian akibat kanker nomor tiga pada pria dan penyebab penyebab utama kematian akibat kanker pada pria di atas 74 tahun.

Pria yang berisiko menderita kanker prostat tertinggi adalah mereka yang terpapar bahan-bahan kimia seperti kadmium serta mereka yang memiliki gaya hidup merokok juga banyak mengonsumsi makanan berlemak. Kanker prostat umumnya dapat diklasifikasikan berdasarkan derajat keganasan (grade) dan stadium (stage).

"Derajat keganasan menggambarkan sejauh mana sel-sel tumor telah menggerogoti sel-sel normal dari kelenjar prostat sedangkan stadium menggambarkan luas kanker prostat apakah sudah menyebar atau belum," ucap pakar onkologi medik senior dari Universitas Indonesia, Aru Wisaksono Sudoyo, saat ditemui di Hotel Gran Melia, Jakarta.


Walau penyakit ini jarang ditemukan pada pria yang berusia kurang dari 40 tahun, tentu saja sebaiknya dilakukan berbagai upaya untuk mencegah kanker prostat sejak dini. Menurut dr. Aru, terdapat beberapa cara alami yang mampu membantu para pria terhindar dari kanker prostat:

- Mengonsumsi kedelai atau produk kedelai seperti tempe, tahu, susu kedelai dan sebagainya.

- Rutin mengonsumsi teh hijau.

- Tingkatkan asupan zat lycopene, yakni zat yang terkandung di dalam tomat. Namun, pastikan tomat yang Anda konsumsi sudah dalam keadaan setengah matang atau matang. Hal tersebut karena tomat yang masih mentah, lycopene di dalamnya belum aktif.

- Perbanyak asupan antioksidan yang banyak terkandung di dalam buah-buahan serta sayur-sayuran segar.

- Hindari makanan dan minuman yang banyak mengandung zat pengawet dan zat pewarna.

- Sempatkan berdiam diri di bawah paparan sinar matahari minimal 20 menit sehari karena sinar matahari dapat merangsang vitamin D tubuh yang mampu melawan hal-hal negatif seperti kanker.

Sementara itu spesialis bedah urologi, Rainy Umbas, menganjurkan para pria untuk tidak menunggu adanya gejala kanker prostat. Ia juga menyarankan pemeriksaan dini.

"Pria dengan riwayat keturunan kanker prostat dianjurkan menjalani pemeriksaan deteksi dini sejak usia 40 tahun melalui pemeriksaan colok dubur atau Digital Rectal Examination (DRE)," kata Rainy.
Posting Komentar