Kamis, 06 Maret 2014

Berapa Takaran Konsumsi Buah & Sayur yang Dianjurkan Tiap Hari?

Takaran mengonsumsi buah dan sayur sangat penting agar  kesehatan selalu terjaga. Mengonsumsi dengan takaran yang tepat akan meningkatkan kualitas kesehatan Anda.

Takaran memang penting agar seorang dapat merasakan manfaat langsung dari apa yang sudah dimakannya. Seperti yang diketahui buah-sayur ialah makanan dengan kandungan nutrisi dan vitamin yang komplit untuk kesehatan seseorang. Dengan demikian, takaran yang baik diperlukan untuk menunjang kesehatan seorang dalam waktu yang lama.

Di bawah ini ada beberapa rekomendasi dari Dr.dr. Fiastuti Witjaksono, MSc. MS. Sp.GK, seorang ahli gizi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. di mana dari rekomendasi tersebut Anda bisa memiih untuk mendapatkan tubuh sehat secara jangka panjang.


Sebagai panduan, bahwa semua takaran makanan di bawah ini menggunakan mangkok ukuran sedang untuk satu porsi buah dan sayurnya. Berikut ini panduan lengkapnya.

-Mengonsumsi 2 jenis buah dan 5 jenis sayuran per hari, menurut The National Health and Medical Research Council (NHMRC)

-Mengonsumsi 8 prosi atau 4.5 mengkuk dari berbagai jenis buah dan sayur per hari, sesuai saran American Heart Association.

-Mengonsumsi 400 gram buah dan sayur per hari, seperti yang direkomendasikan  World Health Organization dan Food Agriculture Organization.

-Mengonsumsi 2 sampai 4 porsi sayur dan 3 sampai 5 porsi sayur per hari, menurut USDAs Food Guide Pyramide.

-Mengonsumsi 3 sampai 5 porsi sayur dan 2 sampai 3 porsi, seperti yang direkomendasikan Pedoman Gizi Seimbang, Undang-Undang Kesehatan No. 36, 2009.


Sumber: okezone.com
Posting Komentar