Kamis, 06 Maret 2014

Meninggal Karena Serangan Jantung, Pasien Ini Hidup Lagi

Aneh tapi nyata. Seorang pria Australia secara klinis telah dinyatakan mati. Namun, di luar dugaan, ia kembali bernafas dan kembali ke dunia berkat prosedur baru CPR (cardiopulmonary resuscitation).

Sebagaimana diketahui, CPR atau resusitasi cardiopulmonary merupakan prosedur darurat medis untuk melestarikan fungsi otak secara manual, mengembalikan sirkulasi darah dan pernapasan spontan pada orang yang terkena serangan jantung.


Biasanya, teknik ini dikenali tatkala dokter menekan bagian dada kiri pasien atau korban secara berulang-ulang untuk merangsang fungsi jantung kembali semula.

Ialah Colin Fiedler, pria berusia 39 tahun asal Dandenong, Victoria, yang sempat dinyatakan meninggal oleh RS Alfred pada bulan Juni lalu setelah menderita serangan jantung, dilansir Herald Sun, 15 Mei 2013.

Namun, sejumlah dokter telah berhasil mengembalikannya ke dunia, membuat Fiedler sadar kembali, dengan menggunakan mesin CPR mekanik bernama AutoPulse, yang dipakai bersamaan dengan mesin jantung portabel untuk menjaga darah dan oksigen tetap mengalir ke organ vitalnya.


Fiedler merupakan salah satu dari tujuh pasien serangan jantung di Australia yang diobati dengan teknik baru itu, dan dia bersama tiga pasien lain berhasil selamat setelah meninggal 40-60 menit. Sementara tiga lainnya dipastikan tidak tertolong.
Posting Komentar