Kamis, 06 Maret 2014

5 Manfaat Berciuman bagi Kesehatan

Siapa yang tidak suka berciuman? Berciuman, baik di bibir pasangan maupun di pipi anak, merupakan ritual yang biasa dilakukan. Berciuman menunjukkan rasa kepedulian. Namun, siapa sangka, berciuman juga memiliki manfaat kesehatan nyata. Berikut 5 manfaat kesehatan dari berciuman, seperti dikutip dalam situs Discovery Health, Rabu, 3 Juni 2013.


1. Membantu memilih pasangan
Lewat ciuman, tubuh akan mengeluarkan hormon dopamin, serotonin, estrogen, dan testosteron yang akan membantu seseorang dalam memilih pasangan. Hormon tersebut tidak akan terstimulasi dengan sempurna jika seseorang berciuman dengan orang yang tidak disukainya. Semua sensasi dalam berciuman akan merangsang otak untuk memberi sinyal atau lampu hijau pada seseorang yang memang cocok untuk dijadikan pasangan.

2. Membuat orang tersenyum.
Berciuman akan meningkatkan perasaan bahagia bagi si pencium maupun orang yang diciumnya. Setelah dicium, umumnya seseorang akan langsung tersenyum. Berciuman juga merangsang produksi hormon oksitosin yang akan menenangkan tubuh dan membuat tubuh lebih toleran terhadap rasa sakit.

3. Mengobati stres
PenSebuah studi yang dilakukan oleh profesor dari Lafayette Collegensylvania menemukan bahwa tingkat hormon kortisol, yakni hormon yang bertanggung jawab untuk meningkatkan stres dalam tubuh, secara drastis akan berkurang saat 15 menit berciuman.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh
Bertukar ludah saat berciuman dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan meningkatkan ketahanan terhadap alergen. Sebuah penelitian terbaru mengungkap, seorang ibu yang mengisap dot anak-anak mereka akan membantu mengurangi risiko alergi dan asma pada anak.

5. Memperkuat hubungan

Berciuman juga berefek pada kesehatan psikologis seseorang. Oksitosin yang dihasilkan saat berciuman akan meningkatkan rasa kedekatan dan memperkuat hubungan. Dan yang cukup menarik, bahkan mencium kening bayi yang baru lahir dipercaya mampu meningkatkan ikatan antara orang tua dan bayi kecilnya.

Tidak ada komentar: