Kamis, 06 Maret 2014

100 Juta Pengguna Facebook Bukan Manusia

Akun Jejaring sosial Facebook yang digunakan oleh miliaran pengguna tidak hanya dimiliki oleh manusia saja. Menurut lembaga analisis eMarketer, ternyata sekitar  10 persen atau 100 juta akun jejaring sosial Facebook bukanlah manusia, melainkan diisi oleh hewan peliharan, benda, atau merek.

Sejak berdiri pada tahun 2004 silam, jumlah pengguna situs jejaring sosial Facebook terus meningkat. Hingga saat ini Facebook mengaku telah memiliki sekitar 1,1 miliar pengguna aktif. Namun hanya 889,3 juta pengguna Facebook yang benar-benar manusia.


Facebook menyadari masalah ini dan tahu bahwa beberapa perkiraan jumlah akun penggunanya mungkin berasal dari data yang tidak akurat. Pernyataan ini dilaporkan oleh Facebook kepada Komisi Sekuritas dan Bursa pada Juni 2012 lalu, tidak lama setelah perusahaan melakukan penawaran saham perdananya. Facebook menyatakan, jumlah akun palsu mungkin sudah naik dalam satu tahun terakhir.

Kami memperkirakan bahwa akun duplikat mewakili sekitar 4,8 persen dari MAU (Monthly Average User) kami di seluruh dunia hingga 30 Juni 2012, tulis Facebook.

Dari penjelasannya, eMarketer mengungkapkan bahwa 10 persen pemilik account tersebut adalah hewan yang sengaja dibuatkan account khusus oleh tuannya sampai dengan mesin yang berfungsi untuk mempublikasikan suatu produk dan juga akun untuk menyebarkan spam. Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, juga mebuat akun khusus untuk anjingnya.

Dengan hasil data tersebut memang cukup masuk akal karena dengan popularitas Facebook seperti saat ini, banyak orang yang ingin memamerkan hewan peliharaannya kepada publik untuk mendapatkan pengakuan atau dengan tujuan tertentu.

Pada 2012, Facebook memperkirakan bahwa 1,5 persen dari akun Facebook adalah akun yang tidak diinginkan atau berupa spam (sampah). Juga banyak pemilik hewan yang membuatkan akun khusus untuk peliharaannya demi tujuan tertentu.

CNN juga menulis ada pengulangan tren seperti 2010 lalu dimana banyak akun facebook diisi oleh bukan manusia. CNN memperkirakan bahwa setidaknya ada beberapa ribu halaman profil dalam Facebook berisi hewan peliharaan seperti anjing, kucing, burung, hamster, musang, kura-kura, dan kelinci.
Posting Komentar