Senin, 04 Februari 2013

Beberapa Tanda Anak Sebaiknya Tidak Sekolah


Ada beberapa hal yang wajib kita perhatikan mengenai tanda-tanda sebaiknya Anak kita tidak perlu untuk masuk sekolah. Seperti seringkali anak-anak mengalami flu, tetapi orang tua mengalami kesulitan untuk memberi pemahanan ke anak kalau kondisi mereka sedang tidak sehat. 

"Sistem kekebalan tubuh anak-anak belum mempelajari cara untuk mengenali dan menghadapi semua jenis virus umum," kata Dr. Robert Key, dokter keluarga di Mayo Clinic, seperti dikutip situs Health Day edisi 19 Januari 2013.

Karena itu, kata Key, virus yang dibawa anak dari sekolah ke rumah bisa mereka bawa hingga anak berusia delapan tahun. "Anak-anak umumnya mengalami flu sekitar enam hingga 10 kali per tahun," katanya.

Berikut adalah tanda-tanda yang harus diperhatikan orang tua untuk meminta anaknya tidak pergi ke sekolah:

1. Muntah dua kali atau lebih selama 24 jam dan tidak bisa menelan makanan dan minuman secara normal.
2. Mengalami demam 101 derajat Fahrenheit (37,7 derajat Celcius) atau lebih
3. Batuk yang parah atau kesulitan bernapas
4. Mengalami beberapa kali diare dalam sehari
5. Mengalami sakit perut yang terus terjadi selama dua jam terakhir
6. Luka terbuka di mulut
7. Mata merah atau ruam kemerahan di kulit

Anak-anak yang didiagnosis dengan kondisi yang menular seperti radang tenggorokan, cacar air, dan impetigo seharusnya tidak pergi ke sekolah sampai mereka tidak menularkan penyakit tersebut kepada orang lain, kata Key.

Lebih lanjut Key mengatakan, flu, mata kemerahan dan radang tenggorokan adalah penyakit yang kerapkali membuat anak-anak tidak masuk sekolah. Para orang tua yang memperhatikan gejala tersebut dan mendiamkannya justru akan membuat situasi semakin memburuk. Mereka seharusnya membawa anaknya ke dokter.

Cara terbaik agar anak-anak tetap sehat adalah dengan selalu mencuci tangan mereka sesering mungkin, kata Key. Menurut US Centers for Disease Control and Prevention, orang sebaiknya mencuci tangan mereka dengan sabun dan air selama 15 detik " jumlah waktu yang sama dengan menyanyikan dua kali lagu Happy Birthday to You," katanya.


Terus Support "Save Our Earth and Life", dengan download, baca, terapkan, dan sebarkan artikel berikut ini:
e-book Global Warming (Absolutely FREE, secure & tested).