Senin, 04 Februari 2013

Biasakan Anak Belajar Sopan Santun dengan Mengucapkan Terima Kasih


Mengajarkan anak bersopan santun dengan menghormati dan menghargai orang lain dengan mengucapkan kata terima kasih menjadikan mereka sosok anak yang baik. Namun, hal itu tidak didapatkan dengan mudah jika Anda tidak mengajarinya sejak dini. 

Ketika melihat anak dapat mengucapkan kata terima kasih atas sesuatu yang mereka terima, tentu hal itu menjadi kebahagian dan kebanggaan tersendiri bagi orangtua karena anak dapat merepresentasikan tingkah laku dan sopan santun yang baik. Meski demikian, kebiasaan positif tersebut tentu tak datang begitu saja. Perlu ada pelatihan rutin yang membuat kepekaan tersebut terbiasa dilakukan anak.

Untuk memoles kebiasaan positif tersebut, sebagai orangtua Anda perlu mengajarkan anak untuk mengucapkan terima kasih terhadap apa pun yang dia dapatkan harus diajari sejak mereka masih kecil. Menurut Times of India, ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan pada anak agar mereka terlatih mengucapkan terima kasih.



Dimulai dari Anda

Sebelum mengajarkan anak untuk berkata terima kasih, maka Andalah yang terlebih dahulu harus mencontohkan sikap tersebut. Karena anak selalu melihat sosok orangtuanya untuk mereka jadikan panutan dan gambaran dalam bertingkah laku. Itu sebabnya, mulailah menunjukkan sikap dan ucapan terima kasih terhadap apa pun yang Anda terima dan perlihatkan itu semua di hadapan anak. Dengan Anda telah mencontohkannya, maka seiring berjalannya waktu anak pun akan meniru hal yang sama.



Bersyukurlah setiap hari

Ajarkan anak Anda untuk berterima kasih atas apa yang dia memiliki setiap hari. Bicarakan hal-hal yang telah didapatkan dalam keseharian sebagai bentuk keberkahan. Jadikan hal tersebut topik rutin dalam keluarga. Selain itu, cara ini pun menjadi hal terbaik untuk mengajarkan mereka rasa syukur. Setelah itu, cari waktu setiap pekannya untuk berbagi kegiatan dan membahas apa saja yang sudah disyukuri oleh anak-anak dan Anda sebagai orangtua. Ini akan menyenangkan, tidak hanya untuk mengetahui apa yang telah didapatkan dan disyukuri, tetapi juga menjadi puncak anak-anak Anda belajar sopan santun.


Terus Support "Save Our Earth and Life", dengan download, baca, terapkan, dan sebarkan artikel berikut ini:
e-book Global Warming (Absolutely FREE, secure & tested).