Jumat, 02 November 2012

Olahraga Bikin Orang Paruh Baya Lebih Cerdas


Bagi Anda yang sudah berusia paruh baya, rajinlah berolahraga. Para peneliti mengatakan, orang berusia paruh baya yang berolahraga bisa meningkatkan kekuatan otak mereka.


Studi meneliti pria kelebihan berat badan yang berolahraga secara teratur. Beberapa bulan kemudian, ukuran pinggang mereka menyusut dan ketangkasan mental mereka tumbuh.

Enam pria yang rata-rata berusia 49 tahun tersebut melakukan dua sesi dalam sepekan berolahraga dengan intensitas tinggi dan diselingi istirahat. Mereka juga melakukan jenis olahraga yang lain, termasuk angkat beban dan bersepeda.

Empat bulan kemudian para relawan memiliki kegiatan mental yang lebih baik, termasuk tes perhatian, kecepatan pemrosesan, memori jangka pendek, dan fleksibilitas pemikiran.

Para ahli di University of Montreal, Kanada, meyakini otak laki-laki diuntungkan ketika kesehatan pembuluh darah mereka meningkat. Otak mereka juga lebih baik dalam menggunakan oksigen.

“Fungsi kognitif peserta telah sangat meningkat berkat latihan. Anda dapat memberi seseorang pil penurun kolesterol, obat penurun gula darah, tetapi obat-obatan itu tidak berdampak pada fungsi kognitif. Sedang olahraga dapat melakukan semua itu. Bahkan lebih,” kata peneliti Anil Nigam.

Para ilmuwan mengatakan, olahraga diselingi antara latihan dengan intensitas tinggi dan rendah, seperti 30 detik berlari diikuti 30 detik berjalan atau jogging.

 Sumber: Dailymail