Senin, 29 April 2013

Masalah dan Solusi Kesehatan Selepas Persalinan yang Perlu Anda Tahu

Bayi Setelah Dilahirkan.

Selesai persalinan, bukan berarti masalah selesai. Wanita pun perlu menghadapi beragam masalah kesehatan yang bisa mendatangkan stres jika Anda tak tahu cara mengatasinya. Gangguan sembelit hingga rambut rontok ialah beberapa diantaranya. Lantas, bagaimana untuk mengatasinya? Berikut ini beberapa masalah dan solusinya yang perlu Anda tahu, seperti dikutip dari Tabloid Mom & Kiddie. 


Lemah Letih Lesu (3 L)
Moms mengeluarkan banyak energi saat proses persalinan, apalagi bila persalinannya berlangsung lama. Anda juga mulai berhadapan dengan bayi baru lahir yang menuntut perhatian super ekstra, mulai dari menyusui setiap 1-2 jam sekali, saat bayi menangis, perlu digendong, perlu diganti popoknya, dan sebagainya. Sehingga Ibu akan menjadi kurang tidur, kurang makan dan minum. Belum lagi stres secara psikis, yang dapat menimbulkan rasa lelah yang luar biasa.

SOLUSI: Usahakan untuk tetap beristirahat di sela-sela waktu merawat bayi. Bila bayi tidur, usahakan Moms juga tidur karena Anda juga perlu beristirahat untuk memulihkan tenaga. Namun cukup sulit bila Moms sudah punya anak sebelumnya yang juga menuntut perhatian. Karena itu dukungan dari keluarga sangat diperlukan, terutama dari suami, maupun dari orangtua (bila tinggal bersama orangtua) atau bantuan asisten rumah tangga. Asupan makanan yang bergizi, termasuk mengonsumsi vitamin juga dianjurkan, untuk membantu mempertahankan stamina yang prima.

Berat Badan Naik
Pertambahan berat badan selama kehamilan terjadi karena penambahan volume cairan tubuh, penambahan lemak dan sebagainya.

SOLUSI: Untuk menurunkannya memang perlu waktu. Mulai dari berolahraga, mengurangi asupan gula dan karbohidrat. Banyak mengonsumsi serat dan buah-buahan juga dapat membantu.

Rambut Rontok
Terkait kurangnya asupan vitamin dan mineral semasa kehamilan. Pengaruh hormonal juga ada.

SOLUSI: Jaga asupan gizi, cukup beristirahat semasa kehamilan, dan merawat kebersihan rambut semasa kehamilan, maka kejadian rambut rontok ini dapat dikurangi.

Wasir
Dapat terjadi karena faktor hormonal dalam kehamilan atau saat persalinan normal (terlalu kuat mengejan).

SOLUSI: Konsumi banyak serat (sayur dan buah) akan memperlancar BAB, sehingga Moms tidak perlu mengejan yang dapat memperparah wasirnya. Menurut dr. Eric Kasmara, SpOG, biasakan juga BAB teratur setiap hari, agar konsistensi tinja tidak keras. Seringkali wasir menghilang atau berkurang derajatnya setelah 3 bulan pascamelahirkan.


Terus Support "Save Our Earth and Life", dengan download, baca, terapkan, dan sebarkan artikel berikut ini:
e-book Global Warming (Absolutely FREE, secure & tested).
Posting Komentar