Rabu, 24 April 2013

Google Contacts Sync Error, Sync is currently experiencing problems

Beberapa jenis versi dari google android.

Apakah anda pernah mengalami masalah pada saat akan sync smartphone android anda dengan account google, dimana yang bermasalah hanya pada contact saja, sedangkan waktu sync calendar, chrome, picassa, dll tidak terjadi masalah? Kemungkinan besar hal tersebut terjadi dikarenakan ketidak cocokan antara kolom contact standar google dengan yang ada di smartphone Anda, hal ini dapat dimungkinkan terjadi karena Anda menggunakan aplikasi pihak ketiga, seperti dalam kasus yang Penulis alami, dimana menggunakan Go Contact (Go Dev Team), dimana setelah menginstall aplikasi tersebut dan melakukan beberapa input contact baru, langsung mengalami error pada waktu sync contact. Berikut ini ada 2 langkah untuk mengatasi masalah tersebut:


1. Cara Aman
Dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga (free download disini), dimana dengan menggunakan software ini data contact yang ada didalam smartphone Anda akan di scan untuk dicari contact mana saja yang bermasalah untuk langsung dibersihkan. Jika dengan menggunakan cara ini tidak dapat  menyelesaikan, maka Anda coba cara yang kedua dibawah ini, dijamin sukses! (Tapi beresiko terhadap data Anda jika tidak berhati-hati).

2. Cara beresiko
2.1. Langsung uninstall semua aplikasi contact pihak ketiga untuk membuat smartphone Anda fresh dan bersih akan kemungkinan penambahan error yang terjadi.

2.2. Backup semua data contact di smartphone Anda, lewat jalan:
2.2.1. Lewat smartphone
Masuk ke contact, lalu pilih option, pilih backup contact, pilih memory card. Setelah selesai (pastikan sukses), Anda akan mendapatkan file .vcf yang terletak di folder sdcard/System/PIM. Copy file .vcf yang anda temukan ke hard disk PC Anda jika anda berencana sign in lewat PC, jika anda berencana sign in lewat smartphone Anda maka biarkan saja file terebut ditempatnya. Menurut pengalaman Penulis, cara ini kurang sempurna, karena hasilnya cukup banyak data yang kacau antara nomor telpon dengan nama contact, jadi sebaiknya coba langkah berikutnya ini, yang mana hasilnya teruji sempurna.
2.2.2. Lewat aplikasi Mobile Go
Klik disini untuk mendapatkan secara gratis. Caranya, setelah Mobile Go terinstall di komputer, lalu sambungkan smartphone ke komputer lewat kabel USB, lalu buka aplikasi Mobile Go di komputer, setelah itu pilih more, pilih export to microsoft outlook, setelah sukses, lalu buka aplikasi microsoft outlook, yang mana di bagian contact akan terlihat daftar semua contact yang Kita miliki, lalu klik file, lalu pilih untuk export to comma separated value DOS (.csv). Setelah sukses cari dimana lokasi file tersebut, karena akan diperlukan untuk langkah berikutnya.

2.3. Lalu masuk lewat smartphone Anda. ke Setting, Apps, All, cari Contacts Storage, lalu “clear data”.

2.4. Sign in ke google dashboard, pilih Contacts, lalu delete semua data contact yang ada disana. Setelah itu, import file .vcf  atau file .csv yang telah Anda peroleh sebelumnya. Lalu sign out.

2.5. Kembali ke smartphone Anda, cek apakah data di contact sudah terhapus total. Jika sudah, lalu coba masuk ke setting, account and sync, lalu sync contact, jika berhasil, masuk kembali ke contact, lalu pilih group, lalu hapus group imported. Good Luck!


Panduan cara install file .apk:
Setelah kita download file .apk tersebut ke smartphone Kita, lalu cari file .apk tersebut dengan memakai file manager, lalu install.