Senin, 29 April 2013

Cara Mengasah Pisau yang Benar


Selama ini banyak orang yang hanya dapat menggunakan pisau tanpa dapat mengasahnya kembali agar menjadi tajam, jadi pisau hanya digunakan sekali sampai tumpul lalu dibuang.
Pisau yang tajam akan memudahkan Anda melakukan  pemotongan makanan. Hasil potongan juga lebih halus. Proses pengasahan pisau harus dilakukan berkala untuk menjaga ketajamannya.


Anda dapat menggunakan pengasah pisau baja atau disebut pula pengasah pisau berlian, atau yang alami, gunakan batu. Jika Anda membeli satu set pisau, biasanya lengkap dengan pengasah pisau baja. Jika Anda harus membelinya, pilih yang ukurannya lebih panjang dari pisau terpanjang Anda.

Berikut langkah-langkah menajamkan pisau seperti dikutip dari Themainmeal:

1. Pegang pengasah pisau di satu tangan dan pisau di tangan yang lain. Sisi pisau yang tajam harus menyentuh pengasah dengan sudut sekira 20 derajat. Tempatkan sisi pisau yang tajam (paling dekat dengan gagang pisau) di dekat bagian atas pengasah.

2. Dengan gerakan cepat, gesekkan pisau dan seluruh baja sampai ujungnya menyentuh bagian bawah pengasah. Pertahankan sudut 20 derajat sehingga sisi miring yang kecil pengasah dan sisi tajam pisau akan selaras dengan benar. Anda hanya perlu menggunakan tekanan ringan.

3. Ulangi gerakan penajaman dengan sisi berlawanan dari baja. Enam sampai sepuluh gesekan di setiap sisi cukup untuk menghasilkan ketajaman pisau yang Anda inginkan.

4. Buatlah gesekan terakhir secara perlahan dan tidak terlalu ditekan. Jangan pernah membiarkan sisi pisau menyentuh pengasah karena pisau Anda akan tergores, karena itu posisi sisi tajam pisau selalu dengan sudut 20 derajat.

Gunakan batu untuk menajamkan pisau
Penajaman pisau dapat dilakukan pengasah atau batu biasa. Banyak orang menggunakan batu minyak, yang dilumasi dengan air dan digosok dengan sabun atau cairan pencuci piring sebelum proses penajaman.

Pisau ini dipegang dengan sudut 20 derajat dengan batu dan digesekkan sepanjang pisau. Selanjutnya, gesekkan ke arah sebaliknya dengan sisi pisau pun terbalik rajam seberang ujung tombak. Gunakan tekanan yang lembut dan ulangi proses ini sampai ketajaman seragam dari pangkal pisau hingga ujung pisau.


Terus Support "Save Our Earth and Life", dengan download, baca, terapkan, dan sebarkan artikel berikut ini:
e-book Global Warming (Absolutely FREE, secure & tested).
Posting Komentar