Senin, 29 April 2013

10 Cara Unik Tangani Morning Sickness

Morning Sickness.

Tahukah Anda, bahwa Dua dari tiga perempuan hamil menderita mual-muntah di kehamilannya. Tak hanya pagi hari, bahkan sepanjang hari. Berikut ini adalah 10 cara menangani mual muntah, yang (mungkin) belum pernah Anda coba, seperti dikutip dari ayahbunda.co.id.


MINUM PIL. Pil atau tablet multivitamin untuk kehamilan, tentu saja! Seng (zinc) dan vitamin B6 adalah vitamin dan mineral yang baik untuk mencegah mual pada kehamilan. Anda bisa mengonsumsinya secara individual, namun produk multivitamin kehamilan yang baik biasanya sudah lengkap dengan keduanya, bersama dengan kandungan esensial lain untuk kehamilan. Minta dokter kandungan Anda untuk merekomendasikan multivitamin yang tepat untuk Anda.

NYALAKAN MUSIK. Siapkan Ipod atau pemutar musik lainnya, dan nyalakan kompilasi lagu yang dimusikalisasi khusus untuk menenangkan Anda pada masa penuh gejolak ini. Atau coba ini: Morningwell audio progamme (www.morningwell.com.au), CD berisi paduan musik dan sinyal-sinyal audio yang diolah untuk mengatasi gejala mual-muntah. Penelitian di Inggris menyatakan, CD  ini terbukti 90% sukses. Telinga kita memang terhubung dengan perut ketika kita mendengar kabar buruk, perut pun ikut mulas bukan? CD mix ini dipercaya dapat menginterupsi perjalanan kiriman sinyal ke otak yang biasanya menyebabkan mual.

SEDUH TEH MINT. Tidak semua dari Anda yang sedang hamil mau minum teh jahe yang selama ini sering dibilang manjur meredakan mual. Beberapa riset di mancanegara juga mengkhawatirkan efek konsumsi jahe berlebihan selama kehamilan pada janin. Mengapa tidak coba teh pepermint, yang sama-sama baik untuk menata perut Anda?

COBA AKUPUNKTUR. Studi terakhir di bidang kedokteran telah menunjukkan bahwa akupunktur, ilmu pengobatan tradisi Asia Timur dengan tusukan jarum khusus pada titik-titik tertentu pada tubuh, dapat membantu menyamankan mual-muntah dengan target tusukan pada seputar lengan. Saat ini beberapa rumah sakit besar di Jakarta telah dilengkapi dengan dokter akupunktur atau akupunkturis bersertifikat yang siap membantu Anda.

TULIS DIARY. Catat  dengan cermat waktu-waktu Anda mengalami mual, beri komentar dan testimoni pengalaman Anda ketika merasakannya, sehingga Anda bisa mengetahui kapan periode aman terbebas dari mual dan Anda pun dapat merencanakan makan Anda, yang sangat penting untuk kehamilan. Rekam pula dalam buku harian tersebut hal-hal penting yang Anda lakukan dalam sehari itu, seperti aktifitas, makanan yang disantap dan lokasinya. Buku harian ini sangat berguna untuk mengidentifikasi pemicu mual-muntah sehingga Anda dapat menghindarinya.

MINUM CUKA. Yuks! Apa enaknya? Jangan tolak dulu! Ketika hamil, kelenjar-kelenjar dalam mulut akan menghasilkan lebih banyak air liur dan ini bisa membuat Anda merasa mual. Campur 2-3 sendok teh cuka (vinegar) dalam secangkir air hangat dan minum sebagai teman sarapan daripada minum kopi yang bisa membuat perut bergejolak. Cuka akan mengeringkan mulut dan mengurangi mual.

JALAN-JALAN DI TAMAN. Sebuah riset di Amerika Serikat menyatakan, latihan olahraga ringan dapat membantu meringankan berbagai gangguan pada kehamilan, termasuk panas dalam dan morning sickness. Gunakan jam makan siang untuk keluar sejenak dari kantor dan berjalan-jalan di sekeliling kantor tentu asyik kalau kantor Anda punya taman di sekelilingnya. Atau lakukan di pagi hari, menghirup udara segar di taman dekat rumah.

PILIH YANG NATURAL. Terbuat dari bahan-bahan alam, macam tumbuhan dan mineral, pengobatan cara homeopati dapat amat membantu mengatasi mual muntah. Obat-obatan homeopati diyakini aman dan bebas reaksi merugikan. Tentu saja Anda harus berkonsultasi dengan pakar homeopati profesional dan resmi untuk mendapatkan pengobatan yang semustinya.

HIRUP AROMATERAPI. Tetesi tisu dengan beberapa tetes minyak esensial aromaterapi lemon atau jeruk mandarin untuk dihirup saat Anda merasa mual. Untuk memilih aromaterapi lainnya, Anda perlu berkonsultasi dengan pakar arometerapi karena ada beberapa aroma yang sangat tidak dianjurkan untuk perempuan hamil bahkan dapat membahayakan janin.

REFLEKSOLOGI. Tekanan-tekanan di kaki dan tangan yang diaplikasikan pada pijat refleksi diyakini berhubungan dengan organ-organ tubuh. Minta ahli pijat refleksi berpengalaman dan bersertifikat untuk menekan titik-titik di kaki yang bisa membantu Anda mengurangi mual muntah.


Terus Support "Save Our Earth and Life", dengan download, baca, terapkan, dan sebarkan artikel berikut ini:
e-book Global Warming (Absolutely FREE, secure & tested).
Posting Komentar