Rabu, 23 Oktober 2013

Hal yang Patut Diperhatikan Waktu Tindik Telinga Bayi

Bayi sedang mengenakan anting di telinga.

Menindik telinga bayi perempuan sesungguhnya bertentangan dengan konvensi Unicef – PBB pada hak anak. Namun nyatanya, banyak dari Anda yang tak sabar menindik telinga bayi perempuan dan memakaikan anting-anting. Oke, bila itu pilihan Anda, berikut ini rambu-rambu nya seperti dikutip dari Ayahbunda.


Tunggu hingga bayi berusia 6 bulan, untuk menghindari infeksi akibat prosedur tindik, yang kemungkinan terkenanya lebih tinggi bila bayi ditindik kurang dari 6 bulan. Sebelum usia 6 bulan, sistem imunitas anak belum terbentuk penuh.

Bayi sudah diimunisasi Difteria-Tetanus-Pertusiss (DTaP) yang melindunginya dari tetanus –yang dapat terjadi bila jarum tindik tindak steril sempurna.

Minta dokter menggunakan jarum steril sekali pakai (disposable sterilized needle). Dan minta pula saran dokter untuk penggunaan obat peredam nyeri , misalnya infant acetaminophen.

Pilih anting dengan seksama yang terbuat dari emas, platinum, titanium atau baja hypoallergenic, dengan klep penutup yang tidak mudah ditarik tangan si kecil.

Pakaikan anting selama 6 minggu pertama dulu, lalu lepaskan. Ganti dengan anting lain –Anda perlu sedia cadangan–  untuk mengamati adanya kemungkinan alergi atau ruam. Bersihkan kulit sekitar cuping telinga dengan air dan sabun lembut, atau seka dengan alkohol. Selalu cuci tangan Anda sebelum menyentuh telinga si nona kecil.

Balita dan Anting

Sebagian orang tua merasa penting memasang anti pada telinga anak perempuan sejak bayi. Anda bisa meminta pihak rumah sakit tempat bersalin.

Kini beberapa rumah bersalin atau rumah sakit ibu dan anak bekerjasama dengan toko jewelry dan termasuk dalam paket bersalin. Berikut hal penting seputar anak dan anting:
Bersihkan teratur dan beri cairan antiseptik setiap hari. Selama 6 minggu berturut-turut, anting yang pertama dipasang itu tidak boleh dibuka.

Sebaiknya berikan anting emas, paling tidak 14 K, agar kulit sensitif anak Anda terhindar dari reaksi alergi.
Meskipun sebagian besar orang tua memasangkan anting kepada anak perempuan sejak bayi. Tetapi kini tak sedikit orang tua membiarkan balita tanpa anting saat bayi dan memberikan anak kesempatan memilih di usia balita atau sekolah.


Keamanan anak juga harus dipertimbangkan! Tak perlu memberi perhiasan menyolok dan berdesain rumit. Pastilah kurang nyaman bagi anak dan memancing kejahatan.

Tidak ada komentar: