Selasa, 10 September 2013

Ternyata Cara Kerja Otak Kanan dan Kiri Sama!

Daerah pada otak manusia.

Jika Anda adalah seorang seniman dan begitu menyanjung atas kinerja otak kanan Anda yang banyak menghasilkan karya seni, barangkali Anda salah. Sebuah penelitian baru-baru ini menyebutkan tak ada beda antara penggunaan otak kanan dan kiri dalam melakukan pekerjaan.



Selama ini otak kanan dikenal sebagai otak yang memiliki peran penting dalam mendukung pekerjaan yang berkaitan dengan seni, sastra, intuisi dan lain-lain. Sedangkan otak kiri sering disebut-sebut mendominasi hal-hal yang berkaitan dengan logika, matematika, dan hitung-menghitung. Namun peneliti dari University of Utah menyangkal tentang hal tersebut.

Sebagaimana dilansir dari LiveScience, peneliti menganalisa 1.011 gambar pemindaian otak untuk menyimpulkan temuan ini. Hasil penelitian menemukan tak ada tanda-tanda penggunaan bagian otak, kanan atau kiri, yang bekerja lebih keras atau memiliki hubungan saraf yang lebih kuat di salah satu bagian otak. 

Ilmuwan membedakan otak menjadi 7 ribu bagian dan mencari tahu tentang hubungan saraf. Mereka menghitung jumlah hubungan yang dapat menjelaskan tentang penggunaan otak kanan dan kiri lebih berat, namun tak mendapatkan apa-apa. Penelitian tak menemukan adanya penggunaan bagian otak yang bekerja lebih berat.

"Kami tak melihat adanya pola yang memperlihatkan jaringan otak kiri lebih banyak terhubung, atau otak kanan seseorang memiliki lebih banyak hubungan dari yang lainnya," kata kepala penelitian Roger Sperry.
Posting Komentar