Halaman

Selasa, 02 Oktober 2012

Solusi dan Penyebab sembelit pada anak

Bayi Lagi Sembelit.

Ini adalah ringkasan singkat mengenai langkah-langkah penanganan susah Buang Air Besar (BAB), dimana diambil dari pengalaman Penulis sendiri.
1. Kurang makanan berserat. Konsumsi secara rutin beras pecah kulit, buah (pepaya, pear, semangka, jeruk, prune) dalam bentuk juice juga boleh terutama pagi hari setelah bangun tidur, sayuran, agar", yakult tiap hari 1 botol.

2. Hindari makanan penyebab sembelit. Seperti buah ( salak, apel), wortel yang telah dimasak, beras (putih & merah), gorengan.

3. Kurang minum air putih. Untuk anak usia satu tahun, sebaiknya kurang lebih minum air putih 700ml per hari.

4. Kurang bergerak atau beraktivitas.

5. Biasakan toilet training dengan benar.

6. Cara pergantian susu formula. Jika akan mengganti susu formula ke tahap berikutnya atau ganti ke merk lain, sebaiknya susu lama dengan yang baru dioplos dengan perbandingan yang tepat, agar sistem pencernaan bayi tidak terkejut.

7. Alergi susu sapi. Jika setelah konsultasi dengan dokter atau sudah ganti susu formula berbagai merk tapi tetap sembelit, untuk anak berusia kurang dari 1 tahun ganti dengan susu formula hypo allergenic (agak pahit rasanya), sedang untuk anak usia lebih dari 1 tahun ganti dengan susu formula soya.

Sumber: Nanang Arianto (Liang Jian Neng), ST